Bug Google Chrome Berikan Kemudahan Download Film dari Situs Streaming Berbayar

Bug Google Chrome Berikan Kemudahan Download Film dari Situs Streaming Berbayar

Sebuah bug terbaru pada aplikasi browser Google Chrome memberikan kemudahan untuk mengunduh film dari situs steaming berbayar. Dengan adanya celah keamanan tersebut, mereka yang berlangganan situs streaming berbayar seperti Netflix pun bisa secara langsung menyimpan film favoritnya di komputer.

Celah keamanan ini pertama kali dilaporkan oleh Wired. Mereka menuliskan kalau bug tersebut ditemukan oleh duet peneliti keamanan cyber Davit Livshits serta Alexandra Mikityuk. Dalam pernyataannya, mereka memanfaatkan teknologi Widevide EME/CDM yang digunakan Google CHrome untuk melakukan enkripsi video streaming dari provider konten.

Kedua peneliti ini pun sebenarnya sudah melaporkan keberadaan bug tersebut pada tanggal 24 Mei lalu. Namun keberadaan bug ini ternyata hingga kini masih bisa dijumpai dan belum diatasi oleh pihak Google. Keduanya pun mengatakan kalau bug ini sebenarnya sederhana, dan seharusnya Google pun bisa menyediakan patch untuk menambal celah keamanan tersebut.

The Wired mengungkapkan kalau permasalahan yang dihadapi ini sebenarnya bersumber pada open source Chromium yang merupakan basis dari Google Chrome. Dan sebagai sebuah produk software resmi, seharusnya Google pun menyediakan ‘obat’ untuk celah keamanan itu. Terlebih lagi, teknologi Widevine ini sebenarnya juga digunakan pada browser lain seperti Firefox ataupun Opera. Namun sejauh ini, belum ada laporan terkait keberadaan bug serupa di kedua browser tersebut.


Ditayangkan sebelumnya dari situs Beritateknologi
Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait