Apple diprediksi akan meninggalkan kartu SIM tradisional dan menggantinya dengan eSIM

Apple diprediksi akan meninggalkan kartu SIM tradisional dan menggantinya dengan eSIM

Para pecinta produk Apple alias "fanboy" tentu akan bersukacita dengan diluncurkannya iPhone terbaru dalam beberapa waktu mendatang. Tapi beda dengan para "fanboy" ini, operator seluler malah bisa dibuat pusing oleh iPhone teranyar nanti. Mengapa demikian? Sebuah laporan yang dipublikasikan oleh Barrons mengatakan bahwa kemungkinan besar iPhone yang akan diluncurkan dalam beberapa waktu mendatang bakal membawa sebuah terobosan baru. Kabar ini dikemukakan oleh Anthony Stoss, seorang analis pasar dari firma Craig-Hallum. 

Menurutnya, Apple telah menyetujui kesepakatan dengan ST Microelectronics untuk memproduksi chip eSIM yang bakal dilekatkan pada motherboard iPhone. Dengan adanya kesepakatan ini, Apple diprediksi akan meninggalkan kartu SIM tradisional dan menggantinya dengan eSIM untuk produk iPhone mendatang. Sebagaimana kita ketahui, Subscriber Identification Module atau yang akrab kita sebut dengan istilah "kartu SIM", memiliki beberapa jenis berdasarkan ukuran yakni Nano, Micro, dan ukuran standar. Yang paling banyak digunakan saat ini adalah Nano SIM karena ukurannya yang lebih kecil sehingga tidak memakan banyak tempat pada sebuah ponsel. Bedanya, eSIM tidak memiliki bentuk fisik seperti kartu SIM pada umumnya. eSIM dibuat tertanam dalam sebuah perangkat dan sulit untuk bisa dibongkar-pasang. 

Lantas apa ruginya untuk operator? Dikutip KompasTekno dari Barrons, Jumat (13/7/2018). eSIM memang menjadi momok yang cukup mengkhawatirkan dalam beberapa tahun belakangan. Pasalnya, meski eSIM dibuat tertanam dalam perangkat dan sulit untuk dilepas, pengguna malah dibuat lebih mudah jika ingin beralih dari satu operator ke operator lainnya. Pengguna dapat menggunakan software tertentu untuk berganti-ganti operator. Jadi cukup dengan mendaftarkan eSIM untuk penawaran paket dari berbagai operator, dengan mudah pengguna bisa bergonta-ganti layanan. 

Tentu saja seiring dengan hadirnya teknologi baru, maka operator harus segera bersiap diri. Dan pastinya modal yang akan digelontorkan untuk persiapan ini tidaklah sedikit. Apalagi tercatat beru segelintir operator seluler di dunia yang sudah benar-benar siap dengan terobosan ini. Kendati demikian, belum ada konfirmasi dari pihak Apple apakah kabar tersebut benar adanya. Jika benar, maka operator harus segera bersiap diri. Pasalnya besar kemungkinan untuk beberapa tahun ke depan, eSIM bakal menjadi teknologi populer dan digunakan secara massal oleh para pembuat smartphone.
 


Ditayangkan sebelumnya dari situs Kompas
Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait