Anda Memiliki Ciri-Ciri Kecanduan Smartphone?

Anda Memiliki Ciri-Ciri Kecanduan Smartphone?

Kemunculan ponsel pintar seperti Blackberry, Android atau iPhone memang bisa membuat mobilitas jadi lebih mudah, tapi dampak lainnya bisa merugikan. Salah satunya minimnya interaksi sosial dengan orang lain secara langsung. Melihat layar handphone secara konstan membuat Anda menjauh dari orang. Anda tidak berinteraksi dengan dunia nyata. Salah satu penyebabnya, karena pengguna tidak pernah tahu kapan akan mendapat email, SMS atau pesan sehingga mereka terus mengecek ponselnya untuk mencari kesenangan.

Selain itu kecanduan smartphone juga berdampak buruk pada mata. Ahli bedah Dr Keiki Mehta seperti diberitakan Times of India mengatakan, "Masalah dengan smartphone adalah, saat menggunakannya, usahakan tidak terlalu dekat dengan mata. Penggunaan smartphone berkepanjangan, dapat menyebabkan gejala seperti nyeri di mata, penglihatan kabur, mata kering dan sakit kepala."

Kecilnya ukuran font atau huruf pada layar telepon juga meningkatkan ketegangan. Mereka yang melakukan kegiatan berkirim pesan singkat atau berselancar lewat situs web untuk waktu yang lama juga meningkatkan ketegangan mata. Seperti halnya mereka yang terus menggunakan smartphone mereka dalam kendaraan yang bergerak.

Jika sudah terlanjur kecanduan, berikut beberapa cara untuk mengatasinya :

1. Kurangi Pemakaian Smartphone Secara Bertahap
Ponsel dan smartphone tetaplah benda yang sangat berguna sehingga tidak mungkin untuk tidak menggunakannya sama sekali. Bahkan tiba-tiba tidak memakai smartphone dari yang semula kecanduan bisa lebih merusak secara psikologis. Untuk melawan kecanduan, Cooper menyarankan untuk mematikan handset beberapa menit sehari, kemudian lebih lama pada hari-hari berikutnya.

2. Tahu Tempat Menggunakan Ponsel
Seseorang harus tahu dan menyadari kapan harus tidak menggunakan ponsel. Seperti saat sedang berkendara, karena bisa memecah konsentrasi dan berujung pada kecelakaan. Atau mungkin pada acara-acara resmi, meeting atau pertemuan penting.

3. Perbanyak Berbicara Secara Langsung
Esensi perbincangan di dunia nyata tak dapat digantikan dengan obrolan via ponsel atau berkirim pesan. Bertatap muka memberi lebih banyak pemahaman terhadap apa yang dirasakan lawan bicara dan bagaimana respon yang tepat. Komunikasi dengan banyak melibatkan bahasa tubuh dan hubungan yang nyata tak akan terjadi hanya dengan percakapan via ponsel.

4. Sering Olahraga
Banyak-banyaklah berolahraga dan tinggalkan ponsel Anda. Olahraga bisa membuat perasaan senang dan mengobati depresi yang mungkin terjadi akibat penggunaan smartphone yang berlebihan.

5. Ukurlah Pemakaian Ponsel
Seorang pengguna ponsel mungkin tidak menyadari betapa banyak waktu yang mereka pakai untuk menggunakannya dan apa saja yang telah mereka lewatkan. Padahal momen terbaik terjadi di dunia nyata, seperti serunya berbincang-bincang bersama orang-orang terdekat.

6. Gunakan dengan bijaksana
Ponsel tidak dapat dibantah bermanfaat bagi kehidupan. Misalnya, banyak aplikasi yang berguna untuk membantu hidup lebih baik atau sebagai sarana berkomunikasi dengan rekan yang jauh. Tapi menurut Cooper, alangkah baiknya untuk menggunakan ponsel dengan bijaksana sampai dalam taraf tidak mengganggu kehidupan sosial pengguna. 

 

Sumber : Viva News, Wolipop

Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait