Kabardewata.com

Teknologi

Akses Internet Komputer Para Pegawai Pemerintahan di Singapura Dicabut

Kategori Teknologi, June 14, 2016, Dilihat sebanyak 102 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Dalam menerapkan hal keamanan pada perangkat komputer, sering kali kita sebagai pengguna biasa memasang anti virus andalan untuk menangkal adanya virus yang menyebar melalui perangkat flash disk ataupun perangkat lainnya. Namun semakin canggihnya teknologi, dengan berbekal email palsu dan spam, para orang yang tidak bertanggung jawab bisa saja mengambil alih akses komputer melalui sebuah koneksi internet.

Dalam mencegah hal tersebut, ada satu hal unik yang dilakukan oleh pemerintahan di negera tetangga kita, Singapura. Seperti yang dikutip dari CNN, Selasa (14/6/2016), disebutkan bahwa negara tersebut menerapkan peraturan yang mana setiap komputer dari pegawai pemerintahan akan dicabut akses internetnya.

Hal ini dikatakan sebagai bentuk antisipasi komputer-komputer tersebut terserang dari virus dan tindakan kejahatan online lainnya, yang bisa saja mencuri informasi penting berhubungan dengan pemerintahan negara tersebut. Kabarnya ada sekitar 100.000 unit komputer yang dicabut akses internetnya.

Pemerintahan Singapura mengatakan bahwa jika ingin menggunakan internet silahkan, namun melalui perangkat pribadinya, jangan menggunakan perangkat komputer dari kantor. Pihak mereka juga mengatakan bahwa hanya kelompok atau orang tertentu yang memiliki hak akses internet pada komputer kerja mereka. Kabarnya peraturan ini telah berlangsung dari bulan Mei lalu, dan bakal mengalami masa percobaan hingga tahun depan.

Salah satu pakar keamanan dunia siber, Michael Gazeley, mengatakan bahwa langkah mencabut akses internet tidak membuat sepenuhnya komputer tersebut aman dari serangan virus dan malware. Dirinya menambahkan bahwa selama perangkat komputer masih memiliki port USB, maka dipastikan perangkat komputer tersebut tidak 100% aman, karena kita tahu penyebaran virus sekarang dengan mudahnya melalui perangkat flash disk dan hard disk eksternal.

Gazeley juga mengatakan bahwa dengan memutus akses internet, bagaiman bisa para pegawai tersebut bekerjasama? Apalagi di era moderen sekarang yang serba terhubung dengan internet, tingkat produktivitas pegawai tersebut bisa saja menurun.


Sumber: Beritateknologi

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image