5 Fakta Menarik tentang Keyboard yang Jarang Diketahui

5 Fakta Menarik tentang Keyboard yang Jarang Diketahui

Bicara soal keyboard komputer atau laptop, rasanya tidak ada yang menarik dari perangkat perifal yang satu ini. Ya, mungkin satu-satunya yang kita ketahui tentang keyboard adalah fungsinya untuk mengetik.

Namun ternyata, ada fakta-fakta menarik di balik keyboard yang jarang diketahui. Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini, seperti dikutip dari Make Use Of, Kamis (17/12/2015).

1. QWERTY, Keyboard Paling Efisien
Rata-rata, keyboard dengan tata letak QWERTY membutuhkan 50 persen pergerakan daripada tata letak DVORAK, dan 80 persen pergerakan daripada tata letak COLEMAK. 

2. Sepuluh Ribu Kata = 1 mil
Ketika mengetik, untuk setiap 10.000 kata yang diketik, jemari kita 'berjalan' sejauh kurang lebih 1 mil atau 1,6 km. Angka ini adalah asumsi bagi paduan antara keyboarddengan tata letak QWERTY, keterampilan mengetik yang tepat, dan metodologi penghitungan tertentu.

3. Keyboard Huruf Nonlatin 
Keyboard huruf nonlatin juga ternyata punya beberapa jenis tata letak. Misalnya,keyboard berbahasa Korea ada yang menganut tata letak Dubeolsik dan ada juga yang mengaopdsi tata letak Sebeolsik. Sementara tata letak dari keyboard berbahasa Arab juga berbeda, tergantung pada apakah keyboard tersebut berbasis Windows atau Mac.

4. Lima kali lebih kotor daripada toilet
Siapa sangka, keyboard ternyata lima kali lebih kotor daripada toilet. Ini terjadi karena sebagian besar orang mengabaikan kebersihan keyboard miliknya. 

Coba ingat-ingat, kapan terakhir kali Anda membersihkan keyboard Anda? Minggu lalu? Bulan lalu? Atau tahun lalu? Inilah sebabnya mengapa kita harus membersihkan keyboard. Membersihkannya satu kali per bulan sangat disarankan, jika memungkinkan.

5. Peretas Dapat Melacak Hentakan di Keyboard
Pernah membayangkan bahwa setiap hentakan jemari Anda di keyboard? Jika iya, Anda benar. Ada sebuah perangkat lunak bernama Keylogger, yang dapat menjadi ancaman nyata bagi keamanan data Anda. 

Keylogger dapat terpasang sebagai program, atau berupa perangkat fisik (physical device) yang terpasang melalui soket USB contohnya. Tentu, hentakan keyboard tersebut direkam oleh keylogger tanpa terkecuali, meliputi nomor rekening bank dan nomor kartu kredit (jika Anda menggunakan internet banking), dan kata kunci e-mail, misalnya.


Ditayangkan sebelumnya dari situs liputan6
Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait