5 Cara Sederhana Untuk Menghemat Baterai Android

5 Cara Sederhana Untuk Menghemat Baterai Android

Bukan rahasia lagi bahwa daya tahan baterai merupakan salah satu permasalahan yang sering ditemui pengguna perangkat Android. Terlebih beberapa pabrikan hadir dengan teknologi yang semakin mumpumi sehingga membutuhkan daya yang juga besar.

Untuk itu, beberapa pabrikan saat ini sudah membekali smartphone besutannya dengan fitur-fitur untuk menghemat daya baterai. Tidak hanya itu, di Google Play Store juga sudah jamak ditemui aplikasi-aplikasi yang menjanjikan performa baterai lebih baik.

Namun, itu semua tidak menjamin bahwa performa baterai akan lebih tahan lama. Diperlukan juga beberapa cara penggunaan yang tepat untuk memastikan daya tahan baterai lebih baik. 

Untuk itu, berikut kami berikan 6 cara sederhana untuk menghemat penggunaan bateraismartphone Android, seperti dikutip dari laman Android Pit, Senin (16/11/2015)

Smartphone Android Tak Harus Selalu Jadi Pintar

Beberapa pabrikan smartphone Android saat ini tidak jarang menyematkan fitur-fitur tertentu yang membuat smartphone menjadi lebih 'pintar'. 

Namun, nyatanya tidak banyak yang menggunakan fitur-fitur tersebut. Jadi, ada baiknya untuk mematikan beberapa fitur tersebut, terutama untuk fitur-fitur yang jarang digunakan.

Ada Saatnya Untuk Rehat Sejenak

Memang diakui pengguna Android sangat sering menggunakan smartphone-nya untuk terhubung dengan internet. Mulai dari sekadar bergelut di media sosial, membaca berita ataupun bermain game.

Namun, perlu diketahui bahwa diperlukan juga waktu rehat sejenak ketika terhubung internet. Terutama apabila dirasa dalam kondisi yang tidak memungkinkan, seperti di tempat yang tidak memiliki sinyal internet atau masuk dalam jangkauan Wi-Fi. Mematikan koneksi data atau Wi-Fi dalam kondisi tersebut tentu saja dapat menghemat penggunaan baterai.

Atur Jadwal Untuk 'Istirahat'

Beberapa smartphone yang ada saat ini sudah memiliki fitur yang disebut 'Do Not Disturb' ataupun 'Sleep'. Lewat fitur ini, nantinya smartphone dapat dijadwalkan untuk mematikan koneksi data atau Wi-Fi ketika sudah tidak digunakan.

Bagi pengguna yang tidak memiliki fitur ini pada perangkatnya, dapat memulainya dengan mengaktifkan 'airplane mode' ketika sedang beristirahat atau ketika smartphone sudah tidak digunakan. 

Lewat kebiasaan ini tidak hanya menghemat baterai, tapi pengguna juga bisa rehat sejenak dari rutinitas penggunaan smartphone.

Selalu Perbarui Aplikasi yang Ada di Smartphone

Pembaruan yang hadir untuk aplikasi-aplikasi di smartphone Android biasanya bukan tanpa alasan. Pembaruan tersebut biasanya berguna untuk memperbaiki performasmartphone, salah satunya dalam hal ini adalah optimisasi penggunaan memori dan baterai.

Dengan selalu memperbarui aplikasi yang ada di smartphone, secara tidak langsung dapat juga mengoptimalkan penggunaan baterai. Namun, untuk mencegah habisnya kuota data, pembaruan data dapat dilakukan secara manual atau menggunakan jaringan Wi-Fi.

Jangan Terlalu Terobsesi dengan Smartphone

Mungkin ini kebiasaan yang sedikit aneh. Namun, nyatanya ini cukup berpengaruh untuk menghemat penggunaan baterai.

Dengan menahan diri untuk menggunakan smartphone secara bijak dan tidak perlu merasa selalu memeriksa atau menggunakan smartphone, secara tidak langsung penggunaan smartphone pun lebih tepat guna dan daya baterai juga dapat lebih hemat.


Ditayangkan sebelumnya dari situs liputan6
Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait