Tren Gaya Hidup Strong by Sumba Potensial di Bali

Tren Gaya Hidup Strong by Sumba Potensial di Bali

Seiring dengan naiknya tingkat kesadaran masyarakat akan gaya hidup sehat makin banyak pula jenis olah raga baru yang bermunculan. Salah satunya olah raga yang memiliki pasar potensial di Bali adalah strong by zumba.

"Olah raga ini sebenarnya telah dikembangkan sejak 2016 lalu oleh tim education and new programming di zumba fitness yang dipimpin oleh Ali Lee Syarief, Lead Support strong by zumba dan suaminya, mantan atlet karate Umar Syarief,"  kata Instruktur yang juga ketua panitia Strong by Zumba Kings Hidayat di Kuta, Rabu (25/9/2019).

Ia mengatakan, olah raga ini sebenarnya dilakukan secara berkelompok mengingat merupakan jenis workout high intensity interval training yaitu olah raga dengan intensitas interval tinggi, tanpa tarian yang menggabungkan latihan beban, pembentukan otot tubuh, kardio dan gerakan plyometric yang diselaraskan dengan musik.

Selain intensitasnya yang lebih tinggi, perbedaan mendasar strong by zumba dan zumba fitness adalah dari sisi musik. Berbeda dengan zumba yang menggabungkan musik dengan aliran latin, hip-hop dan lagu-lagu dari mancanegara, strong by zumba menggunakan musik dengan beat yang lebih cepat seperti musik beraliran EDM, hip-hop, techno, house dan dubstep.

"Dalam penggarapan musiknya tak main-main, strong by zumba diiringi dengan beat yang digarap oleh produser musik seperti Steve Aoki dan Timbaland. Musik yang mengiringi strong by zumba digarap secara seksama melalui reverse engineered," paparnya.

Diakui olah raga ini menekankan musik sebagai motivator utama yang dapat membantu membakar lebih banyak kalori sembari mengencangkan otot perut, kaki dan tangan. Inilah yang membuat makin banyak yang menyukai olah raga ini terutama kalangan perempuan.

"Padahal olah raga ini cocok buat pria karena bukan zumba fitness. Karenanya pasar pria akan ditingkatkan," jelasnya.

Tidak hanya itu kalangan pebisnis banyak juga mengikuti strong by zumba karena selain jadi tren baru juga memberikan hasil yang segera. Tidak heran pasar potensial di Bali mulai kalangan anak kuliahan hingga ibu-ibu usia 40 tahun. 

Harapannya olah raga ini bisa mendukung pariwisata mengingat seluruh dunia sudah mengenal olah raga tersebut. Para wisatawan yang suka olah raga akan datang ke Bali selain untuk rekreasi juga bisa milih strong by zumba.

"Kita harapkan dengan adanya acara yang mendatangkan peserta dari luar negeri dan dalam negeri pada 13 November mendatang diharapkan membuka peluang pasar olah raga ini," harapnya.

Ia pun menyampaikan gerakan strong by zumba yang diajarkan oleh instruktur terbagi dalam tiga kategori, yaitu low, base, dan maksimum. 

Variasi gerakannya adalah double step, free step, jumping jack, push up digabungan dengan gerakan fitnes, hingga gerakan bela diri semisal karate dan muaythai.

Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait