Kabardewata.com

Olahraga

Top Sport: Tujuh Pembalap Paling Sukses di Kelas Primer

Kategori Olahraga, February 18, 2016, Dilihat sebanyak 235 kali, Post oleh Admin Kabardewata


MOTOGP adalah ajang balap motor paling bergengsi dan kompetitif di dunia. Pembalap-pembalap seperti Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Marc Marquez adalah tiga rider yang paling tenar saat ini. Akan tetapi, selain tiga sosok tersebut, terdapat banyak pembalap yang juga sukses menorehkan tinta emas di balap motor kelas primer.

 

1. Giacomo Agostini

Soal kesuksesan, tidak ada yang bisa mendekati raihan Agostini. Sosok berkebangsaan Italia ini memiliki delapan medali emas di kelas primer (500 cc) dalam periode 1966 hingga 1975. Dia juga tujuh kali juara dunia kelas 350 cc. Prestasi–prestasi gemilang tersebut membuat dia menjadi pembalap paling sukses. Naik podium teratas sebanyak 122 kali juga merupakan rekor yang sulit dipecahkan oleh siapa pun.

2. Valentino Rossi

Valentino Rossi menyamai catatan emas Agostini jika dalam MotoGP 2015 dia tidak kalah saing oleh Lorenzo. Adapun The Doctor memiliki satu gelar juara di kelas 125cc dan kelas 250cc sebelum hijrah ke kelas primer. Valentino juga memiliki kemenangan beruntun pada tahun 2001-2005 dan di ikuti di tahun 2008-2009. Dia adalah panutan untuk pembalap mana pun karena masih kompetitif di usia senja, oleh karena itu dia juga dijuluki sebagai legenda hidup MotoGP.

3. Michael Doohan

Bukan Casey Stoner pembalap dari Australia yang paling sukses di kelas primer, melainkan Doohan. Dia adalah pembalap ikonik Honda yang sangat dominan di eranya, hingga sulit bagi siapa pun menyamai torehan dia. Sosok yang kini berusia 50 tahun ini bukan sekadar pembalap, melainkan juga mekanik yang andal.

4. Mike Hailwood

Hailwood juga dikenal sebagai “Mike The Bike”. Dia mungkin pembalap dari Inggris Raya tersukses yang mendominasi kelas primer pada 1958 hingga 1967. Dia memiliki empat gelar di 500 cc, dua di 350 cc, tiga di 250 cc. Dia juga sempat menjajal mobil F1 sebelum meninggal akibat kecelakaan di usia 40 tahun.

5. John Surtees

Pembalap asal Inggris Raya yang membalap di era yang hampir sama dengan Hailwood. Dia memiliki tujuh gelar dunia di segala kategori dengan rincian; empat di 500 cc dan tiga di 350 cc. Yang membuatnya unik adalah dia menjadi juara dunia F1 pada musim 1964.

6. Marc Marquez

Sedikit mengejutkan melihat seorang pembalap yang masih sangat muda berada di daftar ini. Akan tetapi, yang jelas Marquez telah memberikan dampak besar terhadap MotoGP. Sejak terjun secara profesional pada 2010 lalu mengklaim titel Moto2 pada 2012, The Baby Alien lantas menguasai MotoGP dua musim beruntun pada 2013 dan 2014.

7. Kenny Roberts

Sebelum Marquez, Pembalap termuda yang memenangi titel di kelas primer pada musim pertama adalah Kenny Roberts. Dia juga menjadi orang Amerika Serikat pertama yang menguasai kelas 500 cc. Selain prestasinya di lintasan, dia menginspirasi banyak pembalap karena memiliki gaya yang khas di atas motor.


Sumber: okezone

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image