Kabardewata.com

Olahraga

Sportpedia: Profil Sirkuit F1 Favorit Rio Haryanto

Kategori Olahraga, April 17, 2016, Dilihat sebanyak 153 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Balapan Formula One musim 2016 akhirnya memasuki seri ketiga. Setelah libur dua minggu, kini balapan jet darat tersebut akan mengambil tempat di China tepatnya di Sirkuit Internasional Shanghai. Pembalap Indonesia, Rio Haryanto akan kembali melanjutkan karier F1 nya di China. Sirkuit Shanghai sebenarnya bukanlah sebuah tempat yang asing bagi dirinya. Ia pernah membalap di sini pada balapan Asian Formula Renault Challenge dan Formula BMW Pasific.

Formula One memang bukan satu-satunya kompetisi yang diselenggarakan oleh sirkuit ini, tercatat kompetisi GP2, A1 dan MotoGP pernah diselenggarakan di sini. Selain Rio Haryanto, pembalap Indonesia lainnya yang pernah membalap di sini adalah Ananda Mikola. Catatan terbaik dirinya di China adalah dengan berada di posisi lima pada sprint race.

Race di China bisa dikatakan sangat unik. Itu terjadi karena mereka memiliki banyak lintasan lurus namun pada saat yang bersamaan Sirkuit Shanghai memiliki lintasan tikungan yang sangat lebar. Tentu itu memaksa para pembalap untuk sangat berhati-hati. Tikungan yang sangat sulit terdapat pada tikungan pertama dan kedua. Kedua tikungan tersebut sangat lebar dan setelah keluar dari tikungan tersebut, para pembalap tidak bisa langsung menancap gasnya. Itu terjadi karena mereka masih harus menghadapi tikungan tiga dan empat yang cukup sempit.

Saking kejamnya tikungan pertama dan kedua, hampir dipastikan ada pembalap yang melebar di tikungan tersebut pada putaran pertama. Bahkan tikungan ini bisa menjadi jaminan tersendiri untuk para penggemar Formula One.

Lintasan ini memiliki dua zona DRS. Zona tersebut berada di menjelang tikungan 14 dan sesudah tikungan 14. DRS adalah tempat di mana setiap pembalap bisa memacu kendaraannya dengan cepat.

Balapan di lintasan yang memiliki panjang 5,4 kilometer tersebut pertama kali digelar pada 2004. Saat itu pembalap Ferrari Rubens Barrichello menjadi pembalap pertama yang berhasil menjadi juara. Sementara itu catatan tercepat masih dimiliki oleh legenda Jerman, Michael Schumacher dengan catatan satu menit 32,2 detik.


Sumber: Okezone

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image