5 Makanan Pantangan Sehabis Olahraga

5 Makanan Pantangan Sehabis Olahraga

Umumnya, ketika usai berolahraga, perut akan terasa lapar. Orang yang lapar karena banyaknya kalori yang dikeluarkan setelah berolahraga, seringkali “gelap mata” dan menyantap apa saja yang diinginkannya.

Namun, kebiasaan ini harus dihindari karena dapat menghilangkan manfaat dari olahraga yang telah dilakukan. Dikutip dari klikdokter.com, berikut 5 makanan yang dilarang untuk dikonsumsi usai olahraga :

1. Sayur mentah

Mungkin untuk sebagian orang, agak mengejutkan bahwa sayuran mentah masuk dalam makanan yang tidak boleh dikonsumsi usai berolahraga. Wortel, paprika, dan brokoli mungkin baik sebagai makanan sehat, tetapi sebagai makanan pengganti usai berolahraga sepertinya bukan pilihan yang tepat.

Sayuran mentah tidak mengandung kalori yang cukup besar untuk memulihkan energi Anda.

2. Makanan cepat saji

Kentang goreng, hamburger, dan nachos adalah makanan-makanan yang dapat membuat selera makan bertambah. Tetapi juga dapat menghilangkan manfaat olahraga yang Anda lakukan. Semua lemak pada makanan cepat saji ini memperlambat pencernaan, sesuatu yang tentunya tak Anda harapkan terjadi setelah berolahraga.

3. Soda, jus buah kemasan, dan kopi

Setelah berolahraga, hindarilah mengonsumsi minuman-minuman manis dalam kemasan. Minuman ini biasanya tinggi gula sehingga justru kontraproduktif bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan, karena memperlambat proses metabolisme.

Selain itu, minum kopi akan mempersulit kondisi pemulihan cairan tubuh.

4. Cokelat susu

Cokelat susu mengandung gula dan kalori yang tinggi, sesuatu yang tidak dibutuhkan tubuh usai berolahraga. Jika memang ingin cokelat, pilihlah dark chocolate (setidaknya 70% kakao) karena memiliki antioksidan yang membantu tubuh melawan radikal bebas dan peradangan.

5. Daging merah

Menurut seorang ahli kesehatan, lemak jenuh pada daging tidak hanya memperlambat fungsi metabolisme, tetapi juga dapat mengganggu daya ingat dalam waktu 10 menit setelah Anda makan. Hal ini sangat disayangkan karena menurut sebuah studi, olahraga selama 20 menit dapat memperlancar pemrosesan dan ingatan seseorang.

Menurut International Journal of Sports Nutrition and Exercise Metabolism tahun 2010, tubuh membutuhkan energi dari karbohidrat dan sedikit protein setelah berolahraga. Namun, pilihlah sumber karbohidrat dan protein yang sehat, seperti buah-buahan, roti gandum dengan selai kacang, kacang almond, dan sebagainya. 


Ditayangkan sebelumnya dari situs balipost.com
Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait