TPID Bali Akan Kaji Dampak Penurunan Harga BBM

TPID Bali Akan Kaji Dampak Penurunan Harga BBM

Penurunan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) sebesar Rp. 500 mulai 1 April 2016 lalu, diharapkan berdampak pada penurunan harga komoditi masyarakat di Pulau Dewata. Pernyataan itu disampaikan Wakil Gubernur Bali sekaligus Ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Bali, I Ketut Sudikerta usai penadatanganan roadmap pengendalian inflasi daerah se-Provinsi Bali, di Kantor Bank Indonesia Perwakilan Denpasar, Bali.


Sudikerta menyampaikan, kondisi itu akan menjadi atensi dari Pemerintah Daerah, khususnya dari TPID Provinsi Bali untuk menyusun roadmap pengendalian inflasi sampai dengan tahun 2018 mendatang. Disinggung soal kebijakan penurunan harga BBM terhadap tarif angkutan umum, Wagub Sudikerta menyatakan, pihaknya sudah meminta Dinas Perhubungan dan Infokom Provinsi Bali, untuk melakukan kajian terkait penyesuaian tarif angkutan umum


"Tarif angkutan itulah yang tadi saya katakan, bahwa dengan adanya penurunan harga BBM, diharapkan juga diimbangi dengan penurunan tarif angkutan yang ada di Bali, itu yang nanti saya akan koordinasikan dengan Dinas Perhubungan, sehingga tidak mahal lagi angkutan itu," tegasnya.


Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Dewi Setyowati pada kesempatan yang sama menjelaskan, pihaknya kini tengah melakukan kajian pasca penurunan harga BBM jenis Premium dan Solar. Kajian itu dilakukan mulai dari pengaruh terhadap tarif angkutan umum, ditambah dengan secondround effect seperti tingkat penumpang angkutan umum, dan untuk yang ketiga adalah dampak terhadap barang-barang yang diangkut menggunakan angkutan umum.


"Kita akan pantau dan kaji untuk semua halnya. Mulai dari dampak terhadap tarif angkutan umum, pertumbuhan penumpang angkutan umum sampai dengan harga barang yang dikibatkan oleh penyesuaian harga BBM. Pasti kita rilis kalau sudah ada hasil kajiannya," ungkapnya. 


Ditayangkan sebelumnya dari situs Redaksi
Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait