Kabardewata.com

Sosial Budaya

Terbaik di Dunia, Pulau Bali Hanya Kalah dari Galapagos, Ini Kata Cok Ace

Kategori Sosial Budaya, January 04, 2016, Dilihat sebanyak 889 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengaku bangga ketika Bali terpilih sebagai salah-satu `Pulau Terbaik Dunia 2015` (World’s Best Islands 2015) berdasarkan survei yang dilakukan majalah travel ternama asal Amerika Serikat (AS), yaitu Travel+Leisure.

"Bangga sekali Bali terpilih sebagai salah satu pulau terbaik di dunia," kata Menteri Arief Yahya di Jakarta, Minggu (3/1/2015).

Travel + Leisure merupakan majalah travel bulanan yang berbasis di New York dengan 4,8 juta pembaca, dan diterbitkan oleh penerbit terkenal Time Inc.

​Peringkat pulau-pulau terbaik dunia 2015 itu disusun berdasarkan pilihan para pembaca Travel + Leisure.

Menurut Travel+Leisure yang berpusat New York City ini, urutan peringkat pulau terbaik di dunia adalah Kepulauan Galápagos, Ekuador (skor: 90,82), Bali, Indonesia (skor: 88,98), Maladewa (skor: 88,53), Tasmania, Australia (skor: 88,32), Santorini, Yunani (skor: 87,93), Moorea, Polinesia Prancis (skor: 87,90), Maui, Hawaii (skor: 87,89), Kauai, Hawaii (skor: 87,88), Great Barrier Reef, Australia (skor: 87,31), dan Malta (skor: 86,90). 

 
​Kepulauan Galapagos

Sementara itu, untuk tingkat Asia, urutan peringkat pulau terbaik versi Travel+Leisure adalah Bali, Indonesia (skor: 88,98), Maladewa (skor: 88,53), dan Phuket, Thailand (skor: 79.22).

Arief Yahya menyatakan sangat bangga dengan kepercayaan yang diberikan masyarakat dunia kepada Pulau Bali di Indonesiayang dinilai indah alamnya, unik budayanya, dan ramah tamah masyarakatnya.

Ke depan, Arief menyatakan akan mempromosikan destinasi-destinasi wisata lain di Indonesia yang tak kalah cantiknya dengan Bali.

"Kita harus yakin potensi wisata kita sangat hebat. Untuk destinasi snorkling, keindahan wisata selam bahkan Galapagos, yang terkenal itu, sudah berhasil kita kalahkan. Tidak tanggung-tanggung bahkan dikalahkan oleh dua destinasi kita yakni Raja Ampat (Provinsi Papua Barat) dan Pulau Komodo (Provinsi NTT)," katanya.

Ketua PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) Bali, Tjokorda Artha Ardana Sukawati atau akrab disapa Cok Ace, menyebut 5 indikator dominan yang kerap menjadi penilaian terhadap Bali.

Di antaranya adalah keunikan adat dan budaya, keramahan manusianya, keindahan alamnya, kuliner dan terakhir adalah ekspektasi terhadap destinasi di Bali.

“Saya akui memang masih cukup sulit mengalahkan Galapagos yang berada di peringkat 1. Sebab, Galapagos memang memiliki potensi alam yang luar biasa. Galapagos itu seperti Pulau Komodo itu modelnya, belum lagi penataannya juga bagus. Tetapi destinasi kita juga tidak bisa diremehkan begitu saja,” kataCok Ace kepada Tribun Bali, Minggu (3/1/2015). (*)


Sumber: tribunbali

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image