Sekolah Bali Mandara Dapat Pelatihan Yoga dan Meditasi dari MUM India

Sekolah Bali Mandara Dapat Pelatihan Yoga dan Meditasi dari  MUM India

Gubernur Bali Made Mangku Pastika menyambut antusias rencana dari Maharishi University Of Management ( MUM) India untuk memperkenalkan serta menerapkan Transcendental Meditation ( TM) Sidhi dan Yogic Flying ( Yoga Terbang ) kepada siswa serta guru di sekolah Bali Mandara. Demikian disampaikan Gubernur  Pastika saat menerima rombongan dari Maharishi University Of Management  India yang dipimpin oleh William P. Goldstein di Denpasar

Secara khusus Pastika menyampaikan  kekagumannya terhadap keberadaan MUM  yang terkenal ke seluruh dunia,  dimana para  mahasiswa di Universitas tersebut meski tidak semua beragama Hindu namun mereka menerapkan ajaran Weda dan termasuk didalamnya unsur kesadaran melakukan meditasi. Mengingat begitu besarnya manfaat  yang bisa didapat dari melakukan meditasi jadi   amatlah tepat jika ajaran TM Sidhi dan Yogic flying diajarkan dan diterapkan di sekolah sekolah dan di kalangan mahasiswa .

“Saya juga ingin kampus Hindu yang ada di Bali agar belajar banyak tentang pembangunan karakter serta bagaimana kehidupan  Hindu  yang sesungguhnya dari MUM, “ tegasnya. Sementara itu Goldstein  yang juga menjabat sebagai Dekan Pengembangan Global dari MUM menyampaikan bahwasannya program Transcendental Meditation (TM) yang dikembangkan oleh Maharishi Yogi telah diajarkan kepada para sisiwa di sekolah sekolah dan universitas selama lebih dari 50 tahun  dan kemudian dilanjutkan dengan Yogic Flying telah terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan kemampuan mental, performa akademik, perkembangan otak, kesehatan, kesejahteraan pribadi, perilaku sosial serta lingkungan. Pihaknya berkeinginanan memperkenalkan, melatih serta meminta sisiwa di sekolah  untuk rutin melakukan TM Sidhi dua kali sehari dan hal ini akan dimulai dari siswa sera guru Sekolah Bali Mandara.     

“ Ketika semua siswa dan guru berpartisipasi dalam latihan  TM Sidhi dan Yoga Terbang sebagai satu bagian dari keseharian akademik mereka, maka tidak hanya mempercepat perkembangan mereka tetapi juga menciptakan pengaruh positif bagi seluruh komunitas  di sekitar mereka, “ imbuhnya. Goldstein yang dalam kesempatan tersebut juga didampingi oleh beberapa guru besar  dari MUM , Supaya Wenuganen, PH.D,  Ashley Deans, PH.D juga menyampaikan rencana pelatihan TM Sidhi dan Yogic Flying yang akan dilaksanakan dari tanggal 27 Juni -10 Juli 2016 dan  juga akan dibarengi dengan penelitian tentang efek pelaksanan TM dan Yogic Flying bagi siswa Bali Mandara. Kemudian dalam enam bulan kedepan akan disampaikan  perkembangan otak siswa  sesudah siswa mempraktekkan TM Sidhi dan Yogic Flying.

“ Nanti selain nilai raport hasil belajar, siswa juga akan mendapat hasil perkembangan otak setelah rutin  melakukan meditasi, “ imbuhnya. Dalam kesempatan tersebut, ia juga  menyampaikan ketertarikan MUM untuk mengembangkan pertanian tanaman organik di Bali, mengingat tanaman organik akan memberi manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh manusia disamping juga akan kembali membangkitkan sektor pertanian yang ada. Ditambahkan dengan melakukan TM Sidhi serta Yogic Flying dan ditambah dengan mengkonsumsi makanan organik maka pihaknya berkeyakinan tubuh akan menjadi sehat, pikiran tenang sehingga segala bentuk aktivitas dapat dilakukan dan akan tercipta kedamaian di alam semesta ini. Menanggapi rencana pengembangan pertanian organik, Gubernur Pastika  yang saat itu didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan , Pemuda dan Olahraga Provinsi Bali Tia Kusuma Wardhani serta Kepala Biro Humas Setda Provinsi Bali I Dewa Gede Mahendra Putra merespon positif rencana tersebut dan meminta agar hal itu dikordinasikan dengan SKPD terkait. “ Saya senang dan bangga atas perhatian besar yang diberikan  oleh  Maharishi University of Management terhadap Bali, pertanian organik sangat sejalan dengan program Pemprov  dalam mewujudkan Pemprov Bali  Sebagai Green Province, untuk itu saya akan koordinasikan dengan SKPD terkait agar segera direalisasi,” ujarnya


Ditayangkan sebelumnya dari situs redaksi
Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait