Kabardewata.com

Sosial Budaya

Sampah Warnai Keindahan Pantai Angel Billabong

Kategori Sosial Budaya, January 11, 2016, Dilihat sebanyak 227 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Berkembangnya denyut pariwisata sejumlah objek wisata di Nusa Penida, ternyata tidak dibarengi dengan kesadaran masyarkat untuk menjaga kebersihannya.

Hal ini terbukti dengan berserakannya sampah yang ditinggalkan oleh wisatawan di sejumlah destinasi wisata di Nusa Penida. Salah satunya di Pantai Angel Billabong, Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar, dan Guyangan di Desa Batu Kandik.

Sampah berupa putung rokok, botol plastik, dan bungkus makanan ringan tampak berserakan di objek wisata tersebut. Pemandangan ini tentulah sangat tidak elok dipandang mata.

"Saya sangat kecewa dengan pelancong yang sehabis menikmati pemandangan alam malah meninggalkan sampah," ujar Bagus Erawan, guide lokal asal Nusa Penida, Minggu (10/1/2016).

Ia tidak segan mengutarakan kekecewaannya. Ia pun mengajak masyarakat ataupun wisatawan untuk bersama-sama tidak membuang sampah sembarang di setiap objek wisata.

"Coba deh pengunjung tidak membuang sampah sembarang, pasti tempat wisata sedap dipandang," ungkapnya.
Bagus Erawan pun berharap kepada kelian dinas atau warga sekitar destinasi wisata agar menyediakan fasilitas seperti bak sampah, agar wisatawan dapat membuang sampah pada tempatnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Periwisata Klungkung, I Wayan Sujana mengungkapkan, pihaknya melalui tim terpadu telah melakukan pembinaan terhadap tokoh-tokoh masyarakat di Nusa Penida mulai dari Masyarkat, Kelihan banjar, perbekel hingga menyedia akomodasi wisata mengenai permasalahan sampah di berbagai objek wisata di Nusa Penida.

"Jika terkait dengan pariwisata, permasalahan sampah merupakan salah satu permasalah yang menonjol saat ini di Nusa Penida selain masalah pendataan kunjungan wisatawan, dan perizinan akomodasi pariwisata," ujar I Wayan Sujana.

Untuk itu ia berharap, seluruh elemen masyarkat mulai dari masyarakat sekitar, penyedia akomodasi wisata hingga wisatawan itu agar memiliki rasa memiliki dan turut menjaga keberihan objek wisata karena menurutnya masalah kebersihan adalah tanggung jawab bersama.(*)


Sumber: tribunnews

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image