Sah! 9 Tari Bali Telah Ditetapkan UNESCO Sebagai Warisan Budaya Dunia

Sah! 9 Tari Bali Telah Ditetapkan UNESCO Sebagai Warisan Budaya Dunia

Sembilan Tari Bali yang diajukan dalam Sidang UNESCO di  Windhoek, Namibia, Afrika Selatan yang telah diajukan sebagai Warisan Budaya Dunia Tak Benda baru saja ditetapkan sebagai bagian dari Representative List of Intangible Cultural Heritage of Humanity UNESCO. 

Masih bertepatan dengan Hari Raya Pagerwesi, Rabu (2/12/2015), tepatnya pada pukul 21.35 Wita semalam, ketok palu penetapan 9 Tari Bali tersebut dilaksanakan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, Dewa Beratha dalam pesan singkatnya, Kamis (3/12/2015) dini hari.

"Ya sudah ditetapkan tadi malam sebagai Representative List of ICH of Humanity UNESCO," ujar Beratha saat dikonfirmasi Tribun Bali mengenai informasi terbaru tersebut.


Tari Wayang Wong/Dok Tribun Bali

Sembilan Tari Bali ini menjadi satu di antara 35 Warisan Budaya Dunia Tak Benda dari berbagai negara lain, yang selama dua hari kemarin, per tanggal 1-2 Desember 2015 menjalani Sidang UNESCO di Namibia, Afrika Selatan dan menjadi satu-satunya perwakilan dari Indonesia.

"Untuk Sidang tersebut, sembilan Tari Bali ini menjadi satu-satunya dari Indonesia, tidak ada dari daerah lain," tambahnya.

Kesembilan tarian tradisional tersebut, antara lain Barong Ket, Joged, Legong Keraton, Drama Tari Wayang Wong, Drama Tari Gambuh, Topeng  Sidakarya, Baris Upacara, Sanghyang, dan Rejang ini sebagai perwakilan dari 3 jenis seni tari di Bali. (*)


Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image

Best Template For Your Online News

Buy Now

Stay Connected

Download our app and get latest news and updates. Watch live news anytime.