Kabardewata.com

Sosial Budaya

RIP, Pelindo III Tunggu Restu Walikota Denpasar

Kategori Sosial Budaya, January 24, 2017, Dilihat sebanyak 178 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Direktur Keuangan PT. Pelindo III, Saifudin Noer kepada wartawan di Sanur, mengatakan, semua pihak kini mengupayakan RIP itu secepatnya disahkan. Menurutnya seluruh komponen, baik dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Benoa, Pelindo III maupun Pemerintah Kota Denpasar menganggap RIP itu penting. Hal ini sekaligus membantah anggapan soal pertentangan RIP yang selama ini terjadi diantara Pelindo III dengan Walikota Denpasar, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra.

Setelah tertahan selama kurang lebih 5 tahun, Rencana Induk Pelabuhan (RIP) Benoa akhirnya mulai mendapatkan titik temu.

"Saya kira bukan soal lama mungkin memang kita harus hargai ada pertimbangan-pertimbangan yang harus kita sama-sama perbaiki. Kami juga memperbaiki apa syarat-syarat yang diperlukan," ungkapnya

Kepala KSOP Kelas II Benoa, Supriyono pada kesempatan yang sama mengatakan, pihaknya sudah bersurat ke DPRD Kota Denpasar untuk rencana pembahasan RIP. Karena sebelum ditandatangani Walikota Denpasar, RIP harus didahului dengan persetujuan dari legislatif setempat.

"Ya kita berharap RIP nanti, ya mudah-mudahan akhir bulan atau awal bulan nanti sudah bisa terlaksana. Ya awal bulan Februari mudah-mudahan ya," katanya. 

Supriyono mengatakan, beberapa Kementerian seperti Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Kementerian Pariwisata mendesak agar RIP itu cepat terealisasi. Tanpa RIP, Pelindo III sebagai Badan Usaha Pelabuhan (BUP) tidak bisa berbicara banyak soal pengembangan Benoa. 

RIP yang sudah diajukan sejak tahun 2012 itu direncanakan mampu merubah tata perwajahan Benoa sebagai HUB Pelabuhan Wisata kawasan Indonesia Timur. Salah satunya adalah dengan pembangunan dermaga marina, dan penataan kapal ikan yang selama ini bersandar dibagian barat Benoa. Selain itu, RIP memungkinkan adanya pembangunan dermaga cruise yang dapat disandari 2 kapal pesiar berukuran besar dalam waktu bersamaan. 


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image