Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Mendesak untuk Dibangun

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Mendesak untuk Dibangun

DENPASAR - Melihat kondisi cadangan operasi yang kian menipis, hingga kurang dari 25 persen, diperkirakan per tahun 2016, Indonesia akan mengalami kekurangan pasokan tenaga listrik di beberapa daerah.

Dalam rangka memenuhi kebutuhan energi listrik nasional pada tahun 2015-2024, perlu dipertimbangkan pemanfaatan energi baru untuk pembangkit tenaga listrik.

Energi baru yang dimaksud adalah energi nuklir, mengingat skala kapasitas PLTN yang ada saat ini berada di antara 1000-1400 MW/unit.

Yang mana ini bisa dipertimbangkan untuk memenuhi kebutuhan listrik nasional.

Hal tersebut disampaikan dalam Seminar Nasional Teknologi Energi Nuklir 2015 betempat di Gedung Pascasarjana UniversitasUdayanaDenpasarBali, Kamis (15/10/2015).

"Ketika kita menyatakan kemandirian energi, maka yang terbayang adalah menggunakan bahan baku Indonesia sendiri untuk keperluan energi. Untuk itulah PLTN harus segera dibangun," ujar Djarot Sulistio Wisnubroto, Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN).

Sebagai lembaga pemerintah non kementerian yang menguasai teknologi nuklir, Djarot menyatakan bahwa BATAN bertugas mengupayakan kemandirian energi di bidang teknologi nuklir.

Juga untuk menjamin keselamatan masyarakat dari segala kemungkinan resiko dari pembangunan dan pemanfaatan teknologi nuklir tersebut. (*)


Ditayangkan sebelumnya dari situs tribunbali
Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait