Kabardewata.com

Sosial Budaya

Pelindo III Investasi Pelabuhan Rp. 12 Triliun

Kategori Sosial Budaya, August 23, 2016, Dilihat sebanyak 156 kali, Post oleh Admin Kabardewata


 Direktur Utama PT. Pelindo III, Orias Petrus Moedak kepada wartawan, di Kuta, Senin (22/8/2016) menjelaskan, target investasi yang tidak sedikit itu sudah termasuk pengembangan 10 pelabuhan yang saat ini tengah ditenderkan. Khusus program pengembangan tahun ini, ia memperkirakan dana yang diperlukan sebesar Rp. 4 Triliun. Dikatakan, dana yang cukup besar itu dialokasikan selain dari anggaran internal, juga melalui dana pinjaman perbankkan, termasuk dari Bank Pembangunan Daerah (BPD).

 PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III melakukan sejumlah langkah riil dalam upaya mendukung canangan Pemerintahan Presiden RI, Joko Widodo mewujudkan Tol Laut. Salah satunya berupa target investasi yang menembus nominal Rp.12 Triliun, untuk program pengembangan pelabuhan di Indonesia sampai 5 tahun kedepan.

"Tahun ini hampir lima triliun, empat triliun lah. Kami pinjam dari perbankkan juga, kemudian untuk pelaksanaannya, kombinasi dana kami dan juga BPD," ungkapnya.

 Fokus pengembangan pelabuhan menurut  Orias Petrus Moedak diantaranya ditekankan pada penguatan dermaga dan penyiapan pelabuhan penumpang.

 "Untuk penguatan dermaga, untuk penyiapan pelabuhan penumpang. Pemisahan pelabuhan penumpang dan barang itu suatu yang krusial untuk di Indonesia Timur," ucapnya.

 Orias Petrus Moedak lebih lanjut mengatakan, guna menyukseskan ambisi itu, pihaknya berinisiatif menggalang kerjasama dengan 5 BPD yang ada di Indonesia. Bahkan Nota Kesepahaman pun sudah ditandatangani antara PT. Pelindo III dengan 5 BPD, meliputi BPD Jawa Tengah, BPD Kalimantan Selatan, BPD Kalimantan Tengah, BPD Bali dan BPD Nusa Tenggara Timur. Dijelaskan, kerjasama itu selain penempatan dana, juga untuk jaminan pelaksanaan proyek dari perbankkan kepada pengusaha yang menggarap proyek PT. Pelindo III.

 "kerjasama kami dalam penempatan dana, maupun adanya jaminan pelaksanaan proyek dari Bank-Bank kepada pengusaha-pengusaha yang terlibat dalam proyek-proyek yang dikerjakan oleh Pelindo III," tambahnya.

 


Sumber: redaksi

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image