Kabardewata.com

Sosial Budaya

Pasar Menjanjikan, BPPD Bali Garap Pasar Domestik

Kategori Sosial Budaya, May 11, 2016, Dilihat sebanyak 164 kali, Post oleh Admin Kabardewata


GARUDA Indonesia Travel Fair (GATF) 2016 digelar serentak 14 kota. Dari 14 kota tersebut, Penambahan kota yang disinggahi GATF tahun ini dilakukan karena permintaan masyarakat dari berbagai kota.

GATF periode pertama tahun ini digelar 29 April – 1 Mei 2016 dan dilaksanakan serentak di 14 kota, yaitu Jakarta, Bandung, Medan, Pekanbaru, Jambi, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Makassar, Manado, Timika dan Jayapura

Tak terkecuali  Bali yang menjadi destinasi bagi wisatawan domestik. Selama Ini kunjungan wisatawan domestik menunjukkan angka yang meningkat setiap tahunnya. Pada tahun 2015, kunjungan wisatawan domestik mencapai 7,2 Juta orang, meningkat 11,77% dari tahun sebelumnya. Namun kegiatan promosi justru lebih menyasar pasar internasional. Oleh karena Itu, Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Bali mulai mengembangkan pasar domestik melalui Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) 2016 di Jakarta.

Event ini merupakan trade show yang diselenggarakan dua kali dalam setahun oleh Garuda Indonesia, serentak di beberapa kota di indonesia. tahun 2016 ini, GATF di selenggarakan pada tanggal 29 april-01 mei 2016 di 14 kota yaitu Jakarta, Bandung, Medan, Pekanbaru, Jambi, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Makasar, Manado, Timika, dan Jayapura.

BPPD Bali mengajak industri pariwisata Bali untuk berpartisipasi dalam event GATF 2016 ini untuk menggarap pasar domestik di Jakarta. industri yang turut serta mewakili beberapa area di Bali, Double Six Luxury Hotel & The Breezes Bali di Seminyak Kuta, Bali Tropic dan Taman Bhagawan di Tanjung Benoa, Segara Village hotel di Sanur, Arma Museum & Resort dan Puri Gangga Resort di Ubud, sedangkan Bali Zoo dan The Sanctoo Villa di daerah Sukawati Gianyar. beberapa industri yakni The Kana Kuta Bali, Bali Paragon Resort Hotel, dan Karma Resorts juga mendukung BPPD Bali dengan memberikan voucher menginap untuk pengunjung di Jakarta.

Dian ekawaty selaku koordinator dari pelaksanaan kegiatan promosi di BPPD Bali mengatakan, “kami melihat potensi yang cukup besar dari pasar domestik khususnya jakarta. untuk menarik minat pengunjung di jakarta, kami berikan promo berupa potongan harga mulai dari 30-70% untuk transaksi yang dilakukan disana.”hal yang sama juga dikatakan oleh Putra Subali (sales & marketing manager The Sanctoo Villa), “antusiasisme pengunjung sangat besar dan untuk GATF berikutnya saya akan ikut lagi”.

Cara yang dilakukan badan promosi pariwisata daerah bali untuk mendokrak wisatawan antara lain dengan mengikuti berbagai festival dan pameran di dalam negeri, bahkan Badan Promosi Pariwisata daerah Bali memiliki program, yakni Trade Show  ini  untuk menjaring turis domestik dengan menawarkan paket wisata.

Menurut Anak Agung Sri Dian Ekawaty selaku Director of Events BPPD Bali  umumnya wisatawan mengunjungi Bali, dilanjutkan dengan kunjungan ke berbagai tujuan wisata. karena dewasa ini Wisatawan Domestik memiliki kualitas yang tak kalah dibandingkan wisatawan mancanegara, khususnya jika dilihat dari spending of money dan length of stay. Namun kondisi ini juga harus mendapatkan atensi pemerintah, karena dengan tingginya kunjungan wisatawan akan berdampak pada volume kendaraan dibeberapa ruas jalan yang selama ini terkenal padat, seperti dikawasan Kuta, Seminyak, Sanur dan Ubud

Menyikapi Hal Tersebut, BPPD Bali Berencana Untuk Berpartisipasi Kembali Dalam Gatf Mendatang. Selain Turut Serta Dalam GATF Jakarta, Sehari Sebelumnya, Bppd Bali Juga menggelar Table Top Business Session Pada Tanggal 28 April 2016 lalu Di The Sultan Hotel Jakarta, dimana para Industri pariwisata Bali yang turut serta dalam GATF ditambah dengan Bali National Golf Resort, Bali Tjendana, dan Bali Discovery Events bertemu dengan perusahaan-perusahaan Multinasional yang memiliki kantor di Jakarta. Table Top Business Session Ini dibuka Oleh sambutan Micky Irfandi selaku General Manager Garuda Indonesia For Bali sekaligus dewan penentu kebijakan bidang domestik BPPD Bali. Beberapa perwakilan Garuda Indonesia Jakarta Juga turut hadir dalam table top Ini. Diharapkan melalui seluruh kegiatan promosi domestik Ini, kuantitas dan kualitas kunjungan wisatawan Domestik Ke Bali dapat terus meningkat.


Sumber: redaksi

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image