Pamedek di Pura Sakenan Diprediksi Diatas 5.000 orang

Pamedek di Pura Sakenan Diprediksi Diatas 5.000 orang

Menjelang hari raya Kuningan, suasana di sekitar Pura Sakenan, Serangan tampak lebih ramai dari biasanya.

Ratusan pemedek hilir-mudik di sekitar areal pura, Jumat (19/2/2016) sore.

Kendati piodalan Kuningan jatuh esok hari, terdapat beberapa orang pemedek yang bersembahyang di Pura Sakenan.

Dari hasil pantauan, sepanjang jalan dari Jalan Bypass Ngurah Rai hingga ke areal pura dipenuhi sejumlah pedagang, beberapa areal di jaba mandala pun sudah dikapling untuk para pedagang.

Sementara itu, persiapan untuk menyambut Hari Raya Kuningan di Pura Sakenan telah hampir selesai dilaksanakan.

Persiapan penataan stand untuk pedagang, lahan parkir mobil dan sepeda motor, pos kesehatan, toilet, persiapan dari segi upakara, dan pengamanan telah terlaksana.

"Kalau untuk hari ini sebetulnya sudah nggak ada persiapan. Sudah mau selesai persiapannya. Sampai siang tadi kami sudah selesai mempersiapkan upakaranya, membangun tenda panitia, memasang penerangan, jalur pemedek juga sudah dibuat, membuat penjor, memasang sound system," kata Nyoman Kemuantara (56), sekretaris Desa Pakraman Serangan yang sedang bertugas ngayah di Pura Sakenan.

Terkait pengamanan saat persembahyangan Kuningan berlangsung, ia menjelaskan bahwa pengamanan melibatkan pecalang dari Desa Serangan dan pihak Kepolisian Sektor Denpasar Selatan.

"Pengamanan terdiri dari pecalang kota Denpasar dan Desa Serangan. Juga dari petugas kepolisian Polsek Densel yang berpakaian adat dan berpakaian dinas. Kalau pecalang dari Desa Serangan ada berjumlah sekitar 35 orang. Mereka bertugas 3 shift, pagi, siang dan malam," jelasnya.

Mangku Dunung (67), pemangku asal Desa Pakraman Serangan, yang ditemui di lokasi memprediksi jumlah pemedek yang akan tangkil di Pura Sakenan sebanyak lebih dari lima ribu orang.

"Seperti 6 bulan lalu, pemedek yang tangkil pasti akan banyak sekali dari seluruh Penjuru Bali. Selama 1 X 24 jam itu, saya perkirakan paling tidak akan ada 5000 lebih pemedek yang tangkil besok dari seluruh kabupaten di Bali," ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, prosesi ritual upacara esok hari diantaranya akan dilaksanakan Pekelem di laut dekat Pura Sakenan pada pagi sekitar pukul 11.00 Wita. Selain itu akan diadakan upacara Puja Wali Pelegembal.

"Besok salah satu acara pentingnya akan dilakukan Puja Wali Pelegembal. Sebelumnya, akan dilaksanakan upacara Pekelem di laut. Untuk sore ini karena persiapan hampir rampung, kegiatan yang ada hanya ngalunga bhatara, diantaranya bhatara dari Kepaon dan Sanur" ucapnya.


Ditayangkan sebelumnya dari situs tribunbali
Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait