Momentum Tepat INSARAG Leader Meeting 2017 di Bali

Momentum Tepat INSARAG  Leader Meeting 2017 di Bali

Pimpinan Badan Search and Rescue (SAR) dari 58 negara ambil bagian dalam INSARAG Team Leader Meeting 2017. Pertemuan yang berlangsung 3 hari (18-20 Oktober 2017) secara khusus membahas soal strategi pencarian dan pertolongan korban akibat bencana alam.

Gubernur Pastika memberi apresiasi kepada BASARNAS yang menyelenggarakan pertemuan Ketua Tim SAR dari 58 negara di Bali. Menurutnya ini momentum yang tepat karena Bali sedang dalam kondisi darurat menghadapi kemungkinan meletusnya Gunung Agung. “Itu akan memerlukan tenaga dan keahlian di bidang search and rescue,” katanya. Menurutnya jika letusan benar terjadi maka Bali akan membutuhkan pencarian dan pertolongan.

Pastika juga berharap para perwakilan peserta nantinya bisa memberikan informasi kepada koleganya kalau Bali aman dikunjungi kecuali kawasan di sekitar Gunung Agung. “Kita harap mereka membuktikannya dengan berkeliling Bali lah melihat situasi kita di Bali,” imbuh Pastika.

Ia juga berharap momentum ini dimanfaatkan peserta untuk melihat bagaimana Bali menghadapi situasi darurat ini, baik itu menyangkut manajemen pemerintahan, logistik ataupun pengungsi. Ia menambahkan, Bali memerlukan pengetahuan yang cukup untuk bisa mengelola bencana ini sehingga bisa meminimalisir korban jiwa maupun benda.

Sebelumnya Kepala Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) PBB Indonesia Mr. Oliver Lacey Hall memberikan apresiasi kepada pemerintah Republik Indonesia dan pemerintah Daerah Bali dalam penanganan bencana erupsi Gunung Agung.

“Sebagai orang yang bekerja di OCHA Jakarta, kami sangat terkesan dengan kerja pemerintah disini menghadapi situasi di Gunung Agung,” katanya.

Ia berterima kasih atas penyelenggaraan INSARAC Meeting di Bali. Menurutnya keberadaan INSARAC sangat penting untuk menciptakan sistem pertolongan dan pencarian yang lebih baik di seluruh dunia.

Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait