Kabardewata.com

Sosial Budaya

Menteri Susi Beri Penghargaan Petani Uyah Buleleng Sebagai Juara Nasional

Kategori Sosial Budaya, December 10, 2015, Dilihat sebanyak 241 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Kelompok petani garam Uyah Buleleng Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak mendapatkan penghargaan Adibakti Minabahari Juara III Nasional di bidang Pemberdayaan Usaha Garam Rakyat (Pugar).

Penghargaan ini rencananya akan diserahkan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo dan Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan RI (KKPRI) Jakarta, Jumat (11/12/2015) besok.

“Penghargaan ini diberikan karena kita mempunyai teknologi tepat guna, dilakukan oleh masyarakat secara aplikatif tidak teoritis lagi, bisa melakukan peningkatan pendapatan melalui kreativitas, efektivitas dan garam ini sudah bisa dipasarkan, baik di tingkat nasional maupun internasional,” ujar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Diskanla) Buleleng, Bali, I Nyoman Sutrisna, Kamis (10/12/2015). 

Kini kelompok tersebut telah mengembangkan garam pyramid dengan menggunakan rumah plastik setelah mendapatkan bantuan dari KKPRI.

Selanjutnya Diskanla Buleleng akan mengajukan proposal ke KKPRI agar 2016 mendatang bisa mendapatkan rumah kaca, rumah kemasan dan rumah produksi garam.

“Rumah kaca untuk memproduksi garam pyramid, rumah kemasan untuk membuat kemasan yang menarik supaya harga jualnya lebih, rumah produksi untuk produksi sebanyak-banyaknya,” katanya. (*)


Sumber: tribunnews

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image