Kabardewata.com

Sosial Budaya

Mendekati Target, Penyaluran KUR di Bali Tembus 96%

Kategori Sosial Budaya, September 29, 2016, Dilihat sebanyak 244 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Kepala Kantor Wilayah VII Jamkrindo Bali dan Nusa Tenggara, Achmad Muchlison kepada Kabar Dewata disela-sela pelaksanaan program "BUMN Mengajar" di SMKN 2 Denpasar,  menyampaikan, tren penurunan pada triwulan keempat selalu terjadi di tahun-tahun sebelumnya. Berbicara angka penyaluran KUR yang dijamin Perum Jamkrindo, untuk di Bali menurutnya hampir menyentuh volume target yang ditetapkan pada awal tahun 2016, yaitu sebesar Rp1,76 triliun.

Angka capaian per September 2016 ini menyentuh 96% atau sekitar Rp.1,7 triliun."Kecenderungannya selama menurun ya tiap triwulan keempat. Itu karena kami fokus pada program tahun selanjutnya, dan penyaluran perbankan sudah menedekati target. Saat ini posisi penjaminan KUR kita yang sudah tercapai sebesar 1,7 triliun rupiah atau sekitar 96% dari target kita 1,76 triliun rupiah," ungkapnya.

Achmad Muchlison menyampaikan, debitur atau pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang kebagian jatah KUR di Bali, masih didominasi penggiat sektor kreatif, disusul bidang perdagangan dan usaha jasa.

"Kalau di Bali ya, sektor kreatif masih mendominasi. Tapi jumlah untuk perdagangan dan usaha jasa juga tidak kalah jauh perbandingannya," bebernya.

Sedangkan disinggung kredit macet, ia mengakui Perum Jamkrindo Kanwil VII sudah menyelesaikan persoalan kredit macet tahun 2016 ini diangka Rp.12 milliar. Jika dikomparasi dari tahun 2015, angka tersebut mengalami peningkatan sebesar 50%.

Perusahaan Umum (Perum) Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) memperkirakan pendistribusian dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada kuartal ketiga atau triwulan keempat tahun 2016 akan mengalami pelambatan. Alasannya karena penyaluran dana KUR tersebut rata-rata sudah melampaui target ketika memasuki triwulan keempat.


Sumber: redaksi

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image