Kabardewata.com

Sosial Budaya

Jaga Kedamaian Bali, Masyarakat Dihimbau Kedepankan Konsep “Mulat Sarira”

Kategori Sosial Budaya, November 28, 2016, Dilihat sebanyak 125 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Bali merupakan daerah pariwisata internasional dengan berbagai kemajemukan masyarakat yang telah tumbuh dan berkembang didalamnya. Untuk menjaga stabilitas pulau dewata masyarakat diminta secara berbersama-sama bertanggung jawab dengan mengedepankan konsep mulat sarira  atau sikap mawas diri  sehingga kerukunan bermasyarakat bisa terjaga. Demikian himbauan Wakil Gubernur di Denpasar.

Lebih lanjut, Sudikerta mengingatkan bahwa mulat sarira bukan sekedar konsep, dogma, atau doktrin agama tertentu, tapi sebuah ajakan bagi seluruh umat manusia, terlepas dari perbedaan latar belakang agama, status sosial, ras, ideologi politik dan ekonomi untuk kembali ke akarnya dan menemukan dirinya sendiri. “Banyak orang lebih mudah melihat kesalahan orang lain dibandingkan melihat lebih dalam dirinya sendiri. Ketika hal ini kita sadari, banyak sekali rasanya kita melewatkan setiap detik yang berharga untuk sebuah introspeksi diri”, ujarnya. 

Untuk itu, ia menghimbau seluruh masyarakat ditengah kegaduhan situasi politik yang terjadi di luar Bali saat ini, masyarakat diminta tidak ikut campur kedalam hal tersebut, melainkan masyarakat diharapkan fokus terhadap situasi keamanan bali khususnya dalam membangun stabilitas ekonomi masyarakat Bali.

Di bagian lain Sudikerta juga menyampaikan segera rampungnya proyek penataan kawasan Civic Center, yang berada di sisi timur Lapangan Puputan Margarana Niti Mandala, Denpasar. “Jika nanti sudah selesai penataan taman, tempat olah raga ini dapat dimanfaatkan oleh warga, dan tentu saja tidak hanya memanfaatkan namun warga harus menjaganya dengan baik. 
 
Jadi, masyarakat tidak hanya berfokus di lapangan utama (Lapangan Renon, red) semata, sehingga memberikan banyak pilihan bagi warga. Dengan adanya ini, masyarakat tidak perlu keluar negeri untuk liburan, sekarang di sini (Renon-red) bisa menjadi tujuan baru.gratis lagi,” ucapnya.

Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image