Kabardewata.com

Sosial Budaya

Masyarakat Bali Diminta Maknai Nyepi dengan Instrospeksi

Kategori Sosial Budaya, March 07, 2016, Dilihat sebanyak 113 kali, Post oleh Admin Kabardewata


 

Perayaan Hari Raya Nyepi yang segera jatuh pada tanggal 9 Maret 2016 hendaknya dimaknai dengan instrospeksi diri. Melalui pelaksanaan Catur Brata Penyepian yaitu: Amati Amati geni (tidak menyalakan api termasuk memasak),Amati karya (tidak bekerja), Amati lelungan(tidak bepergian), Amati lelanguan (tidak mencari hiburan) umat Hindu diimbau melakukan instrospeksi diri apa yang telah dilaksanakan dimasa lalu dan merencanakan apa yang akan dilakukan pada masa yang akan datang. Demikian disampaiakan oleh Gubernur Bali, Made Mangku Pastika di Denpasar‎.

Menurut Pastika, waktu yang diberikan pada hari raya Nyepi merupakan waktu yang tepat untuk merenenung dan mempersiapkan apa yang kan dikerjakan pada masa yang akan datan. “Memang benar rejeki, jodoh, dan maut hanya Tuhan yang tau,” ungkap Pastika. 
 
Meskipun semua hal tersebut sudah ada yang mengatur, akan tetapi sebagai manusia yang dibekali bayu (kemampuan bergerak), sabda (kemampuan berbicara) dan idep (kemampuan berpikir). Sebagai mahluk yang memiliki kelebihan akal (idep),  manusia akan mampu memilih dan menentukan masa depannya yang lebih baik dan menghidari hal yang buruk. Momentum Nyepi diharapkan dapat menjadi waktu yang tepat untuk pengendalian diri dari hal-hal yang dapat membahayakan diri sendiri.
 
 “Saat nyepi saya tidak ingin dipakai ajang metuakandan maceki,” harapnya. Pada penyampaian orasi tersebut, Pastika juga mengingatkan masyarakat yang melakukan kegiatan di sektor ekonomi untuk menyiapkan data untuk berpartisipasi dalam kegiatan Sensus Ekonomi yang akan dilaksanakan pada bulai Mei mendatang. Mengingat hasil sensus tersebut sangat bermanfaat dan akan menjadi kompas dan obor dalam melaksanakan pembangunan kedepan sehingga kebijakan yang diambil oleh pemereintah akan tepat sasaran.

Sumber: Redaksi

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image