Kabardewata.com

Sosial Budaya

Masyarakat Bali Diajak Jadikan Yoga Budaya Hidup

Kategori Sosial Budaya, June 20, 2016, Dilihat sebanyak 343 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Yoga merupakan salah satu bentuk olah raga yang bertujuan membanguan kesehatan juga untuk meningkatkan kualitas hidup. Di  jaman globalisasi saat ini banyak masyarakat yang kurang memperhatikan pemeliharaan kesehatan, melainkan cenderung terbelenggu pada aktivitas kehidupan yang padat dan penuh persaingan. Oleh karena itu, melalui Peringatan Hari Yoga Internasional diharapkan masyarakat yang sudah paham dan mengenal yoga dapat lebih menggemakan kembali olahraga ini, sebagai bagian dari budaya masyarakat  untuk membangun hidup sehat dan berkualitas. Demikian disampaikan  Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta pada acara  Hari Yoga Internasional di Lapangan Puputan Margarana , Niti Mandala Renon, Denpasar.

Yoga yang telah menjadi fenomena universal, dan menurut Sudikerta yoga telah mampu menyatukan umat manusia diseluruh penjuru dunia. Selain itu, dengan yoga beberapa bangsa di dunia menyatu, demikian pula yang terjadi dengan menyatunya Bali dan India yang merupakan dampak dari penyebaran yoga itu sendiri. Bagi Bali sebagai daerah tujuan pariwisata internasional, kehadiran yoga akan turut mendorong dalam mengembangkan pariwisata spiritual. Pariwisata Bali dengan berlandaskan budaya yang bernafaskan agama Hindu, menjadikan YOGA adalah bagian penting di dalamnya. Disampaing itu, dengan banyaknya daerah yang indah dan nyaman di Bali, bahkan dengan nuansa spiritual yang tinggi sangat tepat menjadi tempat untuk melakukan yoga. 

Untuk itu, Sudikerta berharap hubungan persahabatan Bali dan India dapat terus dikembangkan melalui yoga. Sehingga persahabatan yang erat antara Bali dengan India dapat terus terbangun demi kesejahteraan masyarakat kedua bangsa.

Sementara itu, Konsul Jenderal India di Bali R.O Sunil Babu mengucapkan terimakasih atas dukungan dari Pemerintah Provinsi Bali serta masyarakat luas secara umum dalam pelaksanaan Hari yoga Internasional tersebut. Ia menjelaskan moment merupakan sebuah inisiatif dari Perdana Menteri India Narendra Modi yang mendukung manfaat YOGA untuk kesehatan jasmani dan rohani. Hal tersebut juga mendapat dukungan dari 175 negara yang masuk dalam keanggotaan Organisasi Internasional Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), termasuk Indonesia. Ia mengungkapkan bahwa di Bali sendiri, peringatan hari yoga internasional dilaksanakan untuk kedua kalinya dimana kali pertama telah diselenggarakan pada tahun 2015 lalu yang menyedot 3.600 penggemar yoga dan berhasil dicatat oleh Museum Rekor Indonesia.

Sedangkan, acara peringatan tahun ini juga dihadiri oleh ribuan penggemar yang datang dari berbagai penjuru, baik dari Bali maupun luar Bali. Ia berharap, masyarakat Indonesia khususnya Bali semakin mengerti dan mengenal baik manfaatnya. Menurutnya,  yoga sangat penting untuk mengurangi masalah kesehatan serta stress melalui latihan yang teratur, mengingat gaya hidup modern saat ini yang cenderung membuat orang memiliki banyak tekanan akibat persaingan yang semakin kompetitif.

Pada kesempatan tersebut, Wagub Sudikerta bersama para peserta yoga  dari masyarakat umum mengikuti beberapa latihan seperti Surya Namaskar dan Common yoga Protocol  yang dipimpin oleh Dr. Kaptan Sigh yaitu guru yoga di Pusat Kebudayaan India, Bali.   acara tersebut juga dihadiri oleh Duta Besar Besar India untuk Indonesia, Konsul Jendrral Japan di Bali, dan sejumlah SKPD di lingkungan Pemerintah Provisni Bali


Sumber: redaksi

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image