Kabardewata.com

Sosial Budaya

Jaga Lingkungan, Asita Bali Lakukan Aksi Bersih Pantai dan Pelepas Tukik

Kategori Sosial Budaya, August 15, 2016, Dilihat sebanyak 156 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Puluhan pengurus dan anggota Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Biro Perjalanan dan Wisata (DPD ASITA) Bali berkumpul di Pantai Saba, Gianyar, Sabtu (13/8/2016) pagi sekitar Pukul 06.00 Wita. Para pengusaha biro perjalanan dan wisata di Bali itu berkumpul bukan tanpa alasan.

 Ketua DPD ASITA Bali, I Ketut Ardana kepada wartawan menjelaskan, keberadaan mereka untuk melakukan aksi bersih-bersih pesisir pantai dari sampah sekaligus melepas tukik (penyu) di Pantai Saba. Menurutnya kegiatan tersebut serangkaian hari jadi ASITA ke-42 yang puncaknya akan dirayakan di Bagus Agro Plaga, Kecamatan Petang, Kabupaten Tabanan, Jumat (3 September 2016).

 "Nah pada hari ini kita pungut sampah terutama sampah plastik, sekaligus kita melepas seratus tukik di Pantai Saba ini, bersama para anggota ASITA di Bali," katanya.

 Ardana mengatakan, aksi ini menunjukkan kepedulian para penggiat kepariwisataan di Bali. Selain itu ASITA juga ingin memperlihatkan, bahwa anggotanya tidak hanya berpikir soal bisnis, akan tetapi masih memiliki kepekaan untuk sama-sama menjaga kelestarian lingkungan, termasuk melestarikan eksistensi satwa langka dalam hal ini tukik.

 "Rasa peduli kita insan pariwisata terhadap flora dan fauna. Dan kita di ASITA, para anggotanya tidak hanya isi kepalanya berbisnis mencari uang, akan tetapi kita juga sangat konsern sekali dengan alam kita," ungkapnya.

 I Ketua Ardana yang baru-baru ini sukses dengan perhelatan Bali and Beyond Travel Fair (BBTF) menambahkan, selain aksi di Pantai Saba, pihaknya juga berencana untuk melakukan aksi penanaman di Kabupaten Karangasem. Menurutnya penanaman pohon itu menjadi salah satu upaya membantu masyarakat "Bumi Lahar" dalam mengatasi permasalahan kekeringan.

"Kita elang Musda juga berencana melakukan penanaman pohon di Karangasem, dan kita akan mencari lahan kering, kemudian kita akan rame-rame kesana untuk melakukan penghijauan. Itu semua konsern kami di ASITA, semuanya terhadap alam ini," tambah Ardana.


Sumber: redaksi

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image