Kabardewata.com

Sosial Budaya

Isu Lingkungan Hidup Diminta Menjadi Prioritas Pemerintah

Kategori Sosial Budaya, August 08, 2016, Dilihat sebanyak 164 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Presiden kelima Republik Indonesia selaku  Ketua Umum Yayasan Kebun Raya Indonesia Megawati Soekarnoputri ingin ke depannya isu lingkungan hidup lebih diperhatikan dan menjadi prioritas pemerintah.

Hal tersebut diungkapkannya saat mengajak kedatangan 30 duta besar negara sahabat di Kebun Raya Eka Karya, Bedugul, Bali, Sabtu (6/8/2016).

"Saya sudah bicara pada presiden bahwa ke depan Indonesia sangat membutuhkan lingkungan hidup. Harus diprioritaskan," ujar Megawati, Sabtu.

Ia menambahkan, saat ini sudah banyak permasalahan lingkungan hidup muncul, seperti perubahan iklim dan pemanasan global. Jika tidak memulai untuk peduli dengan isu tersebut Megawati khawatir Indonesia akan banhak kehilangan plasma nutfah.

"Termasuk apa yang ada di kebun raya ini," kata dia. Presiden Kelima RI tersebut bersyukur karena saat ini semakin banyak daerah yang peduli terhadap lingkungan hidup. Di samping itu, keinginan untuk memiliki kebun raya pun bermunculan dari daerah. Sebab, lanjut dia, kebun raya juga memiliki beberapa fungsi, di antaranya penelitian, pendidikan dan koservasi.

"Saya sangat berharap, sebenarnya dengan bantuan semua pihak, kalau bisa kita mempunyai lebih banyak kebun raya, sebuah kebun raya yang dibuat oleh Indonesia yang luasnya itu memang sangat bisa mengagumkan

Sementara itu, Deputi Bidang Ilmu Pengatahuan Hayati LIPI, Enny Sudarmonowati memaparkan, hingga 2015, Indonesia baru memiliki 30 kebun raya, baik di kabupaten maupun kota. Ia pun bersyukur karena lebih banyak daerah yang mengusulkan ingin membuat kebun raya. LIPI pun telah mengkaji usulan tersebut.

"Kami bangga berarti Pemda sudah sadar dalam memelihara sumber daya alam. Karena kalau dibilang negara kedua terbesar dalam hal kekayaan alam, dihitung-hitung (dari kebun raya yang sudah ada) tadi hanya berapa hektar," tutur Enny

Sebelumnya, Megawati Soekarno Putri mengajak 30 Duta Besar yang diantaranya berasal dari Azerbaijan, Jordania, Mosambique, Filipina dan Venezuela ini menanam sejumlah tanaman disekitar areal Kebun Raya "Eka Karya" Bedugul, Tabanan, Bali. Selain ke Kebun Raya Eka Karya Bedugul, Presiden kelima Republik Indonesia itu, hari ini akan mengajak sekaligus memperkenalkan Istana Kepresidenan Tampak Siring kepada 30 Duta Besar negara sahabat


Sumber: redaksi

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image