Kabardewata.com

Sosial Budaya

Ini Caranya Supaya Generasi Muda Tak Lupa Seni dan Budaya Bali

Kategori Sosial Budaya, December 22, 2015, Dilihat sebanyak 206 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Keluruhan Kubu, Kabupaten Bangli, punya cara tersendiri untuk menyambut pergantian tahun. Pihak kelurahan mengajak sekaa teruna-teruni menggelar pentas seni dan budaya.

Acara ini digelar selama empat hari berturut-turut setiap malam, mulai 19-22 Desember 2015, di Balai Banjar Desa Kubu. Masing-masing desa yang berada di wilayah Keluruhan Kubu, yakni Desa Kubu, Desa Penglipuran, dan Desa Tegal Suci mendapat kesempatan untuk tampil.

Selain itu juga dimeriahkan penampilan dari anak-anak SMK 4 Bangli dan Pasramaan Gurukula. SMK 4 Bangli memang dikhususkan untuk sekolah kesenian, sedang Pasramaan Gurukula dihuni siswa-siswi dari keluarga kurang mampu. Keduanya berlokasi di wilayah Keluruhan Kubu.

"Pentas seni dan budaya ini digelar akhir tahun dengan harapan bisa menghibur masyarakat serangkaian melepas tahun 2015 dan memiliki semangat baru menyambut tahun baru 2016," ujar Lurah Kubu, I Nengah Arya Wibowo, Senin (21/12/2015).

Acara ini diharapkan menjauhkan generasi muda dari kegiatan negatif sehingga semua kegiatan diserahkan kepada Karang Taruna Eka Cita sebagai pelaksana.

"Tujuan kami ingin melestarikan seni dan budaya di kalangan generasi muda, supaya mereka tidak lupa dengan seni dan budaya Bali di tengah serbuan era modernisasi. Di sini wadah untuk para seniman-seniman muda," lanjut Arya Wibowo.

Acara ini nantinya akan dijadikan sebagai agenda tahunan. "Tahun depan direncanakan menjadi pekan seni dan budaya sehingga full seminggu diisi dengan pementasan kesenian," kata lurah berusia 34 tahun ini.

Setelah pentas seni dan budaya Kelurahan Kubu, selanjutnya digelar Festival Seni dan Budaya di Desa Penglipuran, yang merupakan desa wisata. Acara yang digelar Desa Adat Penglipuran ini akan berlangsung mulai 25 Desember 2015 sampai 1 Januari 2016.

Ini merupakan festival tahun kedua yang digelar di Desa Tradisional Penglipuran. Festival Seni dan Budaya ini diharapkan kian menambah kunjungan wisatawan. 


Sumber: tribunnews

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image