Kabardewata.com

Sosial Budaya

Hut RI ke 70, Gubernur Bali silaturahmi dengan para Veteran

Kategori Sosial Budaya, August 18, 2015, Dilihat sebanyak 178 kali, Post oleh Wahyu Bagya


Silaturahmi yang diadakan Gubernur Bali Mangku Pastika bersama para Veteran, menurut  Gubernur merupakan bentuk penghormatan terhadap jasa-jasa para veteran atas pengabdian dan  perjuangan mereka terdahulu. Disamping pula sebagai ajang untuk saling mengenal dan memuliakan sesepuh bangsa. Demikian disampaikan Gubernur Bali, Made Mangku Pastika saat menghadiri acara Silaturahmi bersama para Veteran di Wantilan DPRD Provinsi Bali, Denpasar

Gubernur menyampaikan harapannya agar setiap rangkaian peringatan proklamasi yang dilaksanakan dimanfaatkan sebagai wahana memantapkan sikap hidup saling asah, asih dan asuh  diantara sesama, serta memantapkan semangat nasionalisme dan patriotisme. Terlebih bagi para veteran, dianggap Gubernur sebagai momen mengenang kembali pengabdian dan perjuangan mereka.

“Peringatan proklamasi sebagai momen bangsa Indonesia untuk memantapkan kehidupan berbangsa dan bernegara melalui penanaman nilai-nilai bangga dan cinta tanah air,” ujarnya. Untuk itu ia berharap seluruh komponen bangsa senantiasa memelihara kebersamaan, persatuan dan kesatuan, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kepada para veteran, Ia meminta agar senantiasa mendampingi pemerintah dalam melaksanakan pembangunanagar cita-cita para pendiri bangsa Indonesia untuk mewujudkan bangsa yang besar, mandiri dan berdaulat dapat diwujudkan.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut Pastika juga mengajak masyarakat untuk mengenang dan membayangkan kembali jasa-jasa para pahlawan dan pendahulu yang telah membuat Indonesia merdeka, dari persiapan naskah, bagaimana bendera merah-putih dijahit, atau pun pemilihan pasukan pengibar bendera dan segala keterbatasan-keterbatasan yang ada. Ia meminta jangan hanya membayangkan apa yang dilaksanakan saat ini, semua sudah memakai pakaian bagus, pasukan sudah disiapkan 1 bulan sebelumnya, dan menghabiskan biaya yang cukup besar.

Menurutnya dari bayangan tersebut bisa disimak sejarah bangsa Indonesia, sehingga bisa diwariskan jiwa patriotisme kepada generasi penerus yang mengetahui tidak mudah meraih dan memelihara kemerdekaan itu. “Sekarang bagaimana kita mengisinya, tentu saja dengan semangat cinta tanah air, dan terutama keikhlasan mengabdi kepada masyarakat, bangsa dan negara” tegas pastika.     


Sumber: Redaksi

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image