Genjot 20 Juta Wisman, Ribuan Pelari Nikmati Sensasi di Tol Bali Mandara

Genjot 20 Juta Wisman, Ribuan Pelari Nikmati Sensasi di Tol Bali Mandara

Ribuan pelari akan meramaikan Tol Bali Mandara pada Minggu (1/10). Gelaran BCA BALI RUN 2017 merupakan gelaran yang sejalan dengan program pemerintah pusat untuk membangun manusia Indonesia yang sehat. Di saat bersamaan kegiatan ini diharapkan dapat mendorong dunia pariwisata Bali, sebagai lokasi penyelenggaraan, dimana Bali sendiri merupakan salah satu icon pariwisata di Indonesia. Kegiatan ini diprakarsai PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC), yang merupakan salah satu BUMN yang memegang saham Jasamarga Bali Tol (JBT).

Peserta BCA Bali Run 2017 akan merasakan sensasi berlari di Tol Bali Mandara yang membentang sepanjang 12,7 kilometer yang menghubungkan kawasan Benoa, Bandar Udara Internasional Ngurah Rai serta Nusa Dua. Hal ini merupakan pertama kalinya terjadi di Indonesia.

Menurut Managing director ITDC, Wayan Karioka, pelaksanaan Bali Run ini merupakan satu hal untuk membuktikan, bahwa aktivitas pariwisata masih tetap berjalan pascanaiknya status gunung Agung menjadi awas. Sedangkan untuk tujuan jangka panjang, yaitu bagaimana mengembangkan ekonomi di masyarakat karena, pariwisata merupakan hal yang sangat penting. “Kegiatan ini juga untuk mendukung program pemerintah untuk mendatangkan sebanyak 20 juta wisatawan ke Indoneaia tahun 2019,” ucapnya kepada wartawan di Nusa Dua kemarin.

Pihaknya mengatakan, untuk mendukung hal itu harus benar-benar disiapkan mulai sekarang. Karena, bila tahun 2019 tiba-tiba kedatangan sebanyak 20 juta wisatawan, tentu semua harus sudah siap baik dari segi infrastruktur, maupun daya dukung lainnya. “Untuk itulah kegiatan Bali Run ini memang merupakan salah satu kegiatan untuk mendukung atrasksi-atraksi terutama di seputaran Bali selatan dalam hal mendukung target pemerintah terhadap kunjungan wisata,” terangnya.

Selain untuk menarik wisatawan, kegiatan ini, menurutnya merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan jumlah okupansi hotel. Selama semester 1 tahun 2017 dibandingkan periode sama tahun 2016. Okupansi meningkat dari 50 tahun 2016 menjadi sebesar 75 persen tahun 2017.

Terhadap aktivitas Gunung Agung yang masuk ke level awas, menurut Karioka, belum ada dampak besar terhadap kunjungan wisatawan. “Kami tidak memungkiri, pasti ada wisatawan yang membatalkan rencana kunjungan ke Bali. Namun hal itu tidak terlalu berdampak,” ujarnya.

Direktur PT Jasamarga Bali Tol, Achmad Tito Karim menambahkan, untuk pelaksanaan Bali Run ini,  sebelumnya direncanakan jalan tol ditutup total. Namun sesuai ijin dari menteri PUPR, hanya diijinkan ditutup sebagian saja. “Pada perinsipnya kita tutup sebagian tanpa mengganggu. Kami mengimbau pengendara yang melintas, agar tidak berkendara dengan kecepatan tinggi,” harapnya.

Diperkirakan, kegiatan ini akan menggenjot kunjungan wisatawan hingga 20 juta orang. Penyelenggara optimistis pengguna tol tidak akan terganggu dengan aktivitas ini sebab waktu kegiatan hanya sebentar.

Sementara itu, dalam pelaksanaannya, kegiatan ini sebenarnya terpisah dengan sosialiasi dan edukasi elektronifikasi jalan tol. Namun, walaupun terpisah, menurutnya, ini akan menjadi momentum tepat bagi JBT dan perbankan untuk menyosialisasikan transaksi nontunai di tol Bali pada 1 Oktober 2017.

Hal senada disampaikan Kepala kantor wilayah BCA, Frengky Chandra Kusuma, bahwa Bali Run ini menunjang program pemerintah dalam meningkatkan jumlah wisatawan yang datang ke Indonesia, khususnya ke Bali. Pihaknya melihat, tren masyarakat selama beberapa tahun terakhir, mulai menyukai olahraga yaitu berlari dan bersepeda.

Untuk Bali Run ini, pihaknya menargetkan sebanyak 3000. “Antusias peserta sangat bagus, dari target 3.000 peserta, sampai saat ini yang mendaftar sudah mencapai 3.700,” paparnya.

Sementara, Frank Malonda dari Dunia Lari mengatakan, Bali Run ini akan menjadi lomba lari yang sangat unik. Yang menjadi keunikan yaitu sensasi untuk pertama kali berlari diatas jalan tol Bali Mandara. “Ada tiga kategori yang akan dilombakan, yaitu, 25 K, 10 K dan 5 K,” terangnya. 

Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait