Kabardewata.com

Sosial Budaya

GENBI Berbagi – Bentuk Karakter Sosial Mahasiswa Bali

Kategori Sosial Budaya, October 17, 2016, Dilihat sebanyak 330 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Guna mendukung terwujudnya generasi muda yang tangguh dan cemerlang sebagai calon pemimpin Indonesia yang akan datang, Bank Indonesia membentuk wadah komunitas mahasiswa unggulan dengan nama Generasi Baru Indonesia (GenBI). GenBI merupakan komunitas mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia. di deklarasikan pada 11 November 2011 (11-11-11) di Jakarta dan hingga sekarang GenBI tersebar di beberapa wilayah mulai dari Universitas Syiah Kuala di ujung barat dan di ujung timur Indonesia, Universitas Universitas Negeri Papua, dengan jumlah anggota sekitar 3000 orang yang tersebar  75 universitas di Indonesia yang dibagi beberapa GenBI Wilayah. Salah satu GenBI wilayah yang sedang gencar berkegiatan adalah GenBI Bali, mulai tahun 2014 hingga sekarang. Berangotakan 300 orang lebih yang berasal dari dua universitas besar di Bali yaitu Universitas Udayana dan Universitas Pendidikan Ganesha. Secara umum GenBI Bali bergerak di bidang sosial dengan fokus kegiatan Kewirausahaan, Pendidikan, Kesehatan Masyarakat, Lingkungan Hidup, juga Pembinaan Anggota Organisasi, Kerjasama & Kemitraan. Mulai dari awal tahun 2016 hingga sekarang GenBI Bali telah melakukan berbagai macam kegiatan mulai dari acara sederhana seperi bersih pantai, hingga mengikuti kegiatan tingkat ASEAN, yaitu menjadi salah satu delegasi dalam ASEAN University Youth Summit 2016. 

Salah satu kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh GenBI Bali adalah GenBI Berbagi, yaitu bakti sosial yang bersinergi dengan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Bali, dengan bentuk kegiatan berupa pembagian sembako gratis bagi warga yang membutuhkan, pelayanan kesehatan gratis, dan kunjungan ke sekolah-sekolah memberikan penyuluhan mengenai pola hidup bersih dan sehat. GenBI berbagi dilakukan lima kali setiap tahunya yang dia awali dari tahun 2015 di lima desa  yang tersebar di beberapa wilayah di Provinsi Bali, begitu juga tahun ini di mulai dari :

  1. Desa Buahan Kaja, Payangan Gianyar pada bulan Februari 2016;
  2. Desa Bengkala, Kecamatan Kubutambahan, Buleleng yang terkenal dengan warga tuna rungu dan tuna wicara namun memiliki potensi desa yang laur biasa; 
  3. Desa Cau Blayu, Kecamatan Marga, Tabanan;
  4. Desa Buahan Kaja, Kecamatan Payangan, Gianyar; dan 
  5. Terakhir di Desa Kemenuh, Blahbatuh, Gianyar, pada hari Sabtu, 15 Oktober 2016 dengan total jumlah warga yang di berikan bantuan sembako dan pelayanan kesehatan tahun ini sekitar 500 warga lebih dan penyuluhan pola hidup bersih dan sehat ke 400 lebih siswa sekolah dasar. 

Kegiatan GenBI berbagi sudah merupakan kegiatan rutin tahunan GenBI Bali disertai dengan kegiatan lain yang diharapkan dapat bermanfaat bagi anggota maupun masyarakat secara umum dan menjadi energi untuk negeri. Kegiatan yang di hadiri langsung oleh Bapak Causa Iman Karana, Ketua Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali ini berlangsung lancar dengan di hadiri sekitar 100 orang siswa sekolah dasar yang diberikan penyuluhan tentang pola hidup berish dan sehat dan 100 orang warga miskin yang di berikan paket sembako. 

Kegiatan GenBI ini mendapatkan dukungan pendanaan dari Bank Indonesia yang sudah di programkan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali. Setiap tahunnya Kpw BI Provinsi Bali  mengalokasikan dana untuk beasiswa sebesar Rp500 juta untuk 80 mahasiswa terbaik di kedua universitas. Bank Indonesia terus memberikan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan skill non perkuliahan (leadership, kewirausahaan, technopreneur, public speaking, penulisan artikel populer dll) baik kepada mahasiswa yang masih aktif menerima beasiswa maupun alumninya dalam komunitas GenBI yang diharapkan akan menjadi pemimpin masa depan yang berkualitas dan bervisi ekonomi kebangsaan menjadi energi untuk negeri.


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image