Festival Pesona Lokal, Adira Finance Hadirkan Keberagaman Budaya dan Kearifan Lokal Bali

Festival Pesona Lokal, Adira Finance Hadirkan  Keberagaman Budaya dan Kearifan Lokal Bali

Festival Pesona Lokal yang ketiga digelar pada hari ini di Lapangan Renon, Denpasar, Bali, setelah sebelumnya sukses diadakan di Bandung dan Solo Raya. Festival Pesona Lokal Bali merupakan salah satu dari rangkaian Festival Pesona Lokal yang dilakukan di 9 kota besar di Indonesia.

Festival Pesona Lokal merupakan program CSR bersama Adira Finance, Kementerian Pariwisata (Pesona Indonesia) dan iNews yang didukung oleh Adira Insurance. Kegiatan yang bertujuan untuk mempromosikan potensi budaya, pariwisata dan kearifan lokal suatu daerah ini, diselenggarakan dalam rangka HUT Adira Finance yang ke-28 Tahun. Kegiatan Festival Pesona Lokal diadakan di Bandung, Solo Raya, Bali, Makassar, Medan, Pontianak, Malang, Palembang, dan Jakarta mulai dari September hingga November 2018.

Dibuka oleh Direktur Keuangan Adira Finance I Dewa Made Susila, Head of Sales Service & Distribution (Bali Nusa Tenggara) Adira Finance Surya Almada dan Direktur Marketing Adira Insurance Wayan Pariama, kegiatan Festival Pesona Lokal Bali berlangsung dari pukul 08.00 hingga 17.00 waktu setempat diikuti sekitar 4500 peserta yang terdiri dari ekosistem Adira Finance (karyawan, dealer, agen, dan mitra bisnis), komunitas, pelajar, dan masyarakat umum.

“Kami sangat berterima kasih kepada masyarakat Bali atas sambutan hangat dan partisipasinya pada kegiatan hari ini. Semoga kegembiraan dan keseruan ditunjukan masyarakat Bali juga terjadi di kota-kota selanjutnya, tidak lupa kami juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah setempat dan para sponsor yang telah membantu terselenggaranya kegiatan Festival Pesona Lokal dengan baik, aman dan tertib,” ujar I Dewa Made Susila selaku Direktur Keuangan Adira Finance, Minggu (23/9/18) di Renon, Denpasar.

Acara Festival Pesona Lokal Pesona Lokal Bali dimulai dengan acara parade Karnaval Budaya yang diikuti oleh lebih dari 1000 peserta yang akan menampilkan mulai dari baju adat dan musik tradisional hingga seni pertunjukkan khas budaya Bali seperti Ngelawang (Barong Dance), Seni Tabuh Adi Mardagang, Ogoh-ogoh dan banyak lagi. Karnaval budaya ini akan mengelilingi Lapangan Renon dengan melewati Jalan Cok Agung Tresna  menuju  Jalan Raya Puputan dengan panjang kurang lebih 1,8 KM.

Selain Karnaval Budaya, Lomba Mural dengan tema Pesona Kotaku serta Lomba Kreasi Masakan Khas Daerah dengan tema Tipat Blayag juga akan meramaikan Festival Pesona Lokal Bali. Selain itu, terdapat Lomba UMKM dimana akan dipilih tiga UMKM terbaik yang akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai.

Di Festival Pesona Lokal Bali, para pengunjung juga akan disuguhkan dengan pasar rakyat yang dimeriahkan oleh booth-booth dari para sponsor serta puluhan UMKM terpilih dengan berbagai produk kuliner sampai kerajinan khas Bali yang inovatif dan kreatif.

Kegiatan Festival Pesona Lokal Bali juga dimeriahkan oleh penampilan artis ibu kota Via Valen dan sejumlah artis lokal.

Selain berbagai perlombaan yang diadakan di setiap kota diselenggarakannya Festival Pesona Lokal, akan diberikan penghargaan khusus yaitu Kota Paling Mempesona dari Kemenpar (Pesona Indonesia), Adira Finance dan iNews kepada kota yang paling baik menampilkan pesona lokal daerah serta partisipasi masyarakat dan penyelenggaraan kegiatan Festival Pesona Lokal di kota tersebut. Acara penganugrahan perhargaan tersebut dilaksanakan pada program Indonesia Award di stasiun tv iNews pada bulan November mendatang.

“Semoga kegiatan Festival Pesona Lokal Bali hari ini dapat menjadi sebuah acara tahunan yang ikonik yang dapat menarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Kami harap acara ini berkesan baik bagi pengunjung maupun seluruh peserta yang ikut meramaikan. Dengan adanya Festival Pesona Lokal diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat akan potensi daerahnya dan juga berperan aktif untuk turut serta mempromosikannya,” tutup I Dewa Made Susila.

 

 

Komentar (1)
September 27, 2018 pada 06:46am

Semoga pariwisata bali semakin maju dan populer sehingga mampu meningkatkan taraf hidup masyarakatnya,

Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait