Dampak COVID-19, ITDC Gelar Disinfektasi di Desa Penyangga The Nusa Dua

Dampak COVID-19, ITDC Gelar Disinfektasi di Desa Penyangga The Nusa Dua

Dalam upaya mendukung upaya pencegahan penyebaran COVID-19, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/ Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola destinasi pariwisata The Nusa Dua, Bali dan The Mandalika, NTB, menggelar kegiatan disinfektasi atau penyemprotan disinfektan melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) di desa penyangga kawasan pariwisata The Nusa Dua hari ini.

Penyemprotan disinfektan tersebut dilakukan bersinergi dengan kegiatan disinfektan serentak yang dilakukan oleh Kabupaten Badung pada wilayah Kelurahan Benoa. ITDC, melalui SBU The Nusa Dua, ikut berpartisipasi dengan menerjunkan satu armada Pemadam Kebakaran/Fire Brigade (FB) untuk melakukan penyemprotan disinfektan pada jalan-jalan utama di tiga desa adat sekitar kawasan pariwisata The Nusa Dua, yaitu Desa Adat Bualu (terdiri dari 8 Banjar Adat dan 4 Banjar Dinas), Desa Adat Kampial (2 Banjar Adat) dan Desa Adat Peminge (2 Banjar Adat).

Kegiatan disinfektasi di desa penyangga ini merupakan bagian dari rangkaian Program ITDC Lawan Corona yang diselenggarakan oleh ITDC terkait upaya pencegahan penyebaran virus Corona atau COVID-19 dengan fokus wilayah operasional Perusahaan yaitu di The Nusa Dua Bali dan The Mandalika Lombok. “Program ITDC Lawan Corona merupakan program Bina Lingkungan yang ditujukan kepada masyarakat, khususnya masyarakat desa penyangga kawasan pariwisata yang dikelola oleh ITDC.

Melalui program ini, kami menunjukkan komitmen untuk melindungi masyarakat desa penyangga dari risiko penyebaran virus Corona, baik melalui sejumlah kegiatan sosialisasi guna meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menerapkan perilaku sehat dan aktif, maupun kegiatan pembersihan lingkungan semacam penyemprotan disinfektan, kata Miranti N. Rendranti, VP Corporate Secretary ITDC. Di The Nusa Dua, progam ITDC Lawan Corona diselenggarakan dengan berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan (stakeholders) seperti pemerintah daerah, kepolisian setempat, desa adat penyangga serta komunitas-komunitas di The Nusa Dua dan sekitarnya.

Pada hari ini, selain melakukan penyemprotan disinfektan, dilakukan pula penyerahan bantuan secara simbolik berupa alat sprayer disinfektan kepada 16 Banjar di lingkungan Kelurahan Benoa.

“Pandemi COVID-19 harus kita lawan bersama. ITDC akan terus bersinergi dengan seluruh pihak dan secara aktif melakukan langkah-langkah preventif pencegahan penyebaran COVID-19 di dalam kawasan maupun lingkungan desa penyangga The Nusa Dua. Kami sangat bersyukur hingga saat ini belum terdapat laporan adanya kasus COVID-19 baik di dalam kawasan maupun desa penyangga, papar Managing Director The Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita. Sebelumnya penyemprotan disinfektan telah dilaksanakan di dalam kawasan The Nusa Dua pada 15 Maret 2020.

Selanjutnya pada 24 Maret 2020, SBU The Nusa Dua bersama Jro Bendesa Adat Bualu, BUPDA (Badge Utsaha Padruwen Desa Adat) Bualu serta Kepala Lingkungan Banjar Adat dan Banjar Dinas dalam lingkungan Desa Adat Bualu telah melakukan penyemprotan disinfektan di beberapa titik keramaian di lingkungan Desa Adat Bualu diantaranya Kantor Balai Desa Adat Bualu, Kantor BUPDA Bualu, Kantor Pecalang Desa Adat Bualu, Pasar Bualu serta Pura Desa Adat Bualu (tempat ibadah). 

Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait