Kabardewata.com

Sosial Budaya

Cok Ace: Pariwisata dengan Budaya dan Pertanian Harus Saling Harmonis

Kategori Sosial Budaya, November 23, 2015, Dilihat sebanyak 193 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Musyawarah Daerah (Musda) ke XIII Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Balimengantarkan kembali Tjokorda Artha Ardana Sukawati sebagai pucuk pimpinan periode 2015-2020. Cok Ace (panggilan akrab Tjokorda Artha Ardana Sukawati) terpilih untuk ketiga kalinya, dan kali ini secara aklamasi.

“Saya bersyukur teman-teman dari BPC (Badan Pimpinan Cabang)  datang ke acara Musda ini. Yang menarik, tema kami adalah harmonisasi, karena persoalan ke depan, siapapun yang memimpin PHRI harus bisa mengharmoniskan gesekan antara pariwisata budaya dan pariwisata buatan. Selain itu, gesekan lainnya adalah antara Bali selatan dan bagian Bali lainnya,” kata Cok Ace usia terpilih dalam musda yang diadakan di Inaya PutriBali Resort, Nusa Dua, Badung, Sabtu (21/11/2015).

Musda ini dihadiri oleh Menteri Pariwisata Arif Yahya dan Wakil Gubernur Ketut Sudikerta. Bagi Cok Acek, keberadaan PHRI sangat penting. Sebab, ketika berbicara pariwisata, banyak anggapan yang mengidentikkannya dengan hotel.

“Dan ketika pariwisata dianggap merusak budaya Bali, persepsinya pasti juga hotel. Ketika pariwisata mengambil air banyak, pasti hotel. Oleh sebab itu, ke depan kami inginkan PHRIbisa menjelaskan kepada masyarakat bahwa pariwisata adalah aset bersama dan tidak saling menyalahkan,” katanya.

Target ke depan, kata dia, adalah peningkatan kedatangan wisatawan mancanegara (wisman) ke Bali.

“Tahun ini ditarget 4 juta wisman. Tahun 2019 target Indonesia 20 juta dan Bali mendapatkan target 8 juta,” katanya. Selain promosi, perbaikan destinasi dan infrastruktur menjadi tantangan PHRI bersama pemangku kepentingan yang lain. 

“Saya yakin, pariwisata mendatangkan wisatawan lebih banyak ke Bali. Justru persoalan ke depan adalah adanya gesekan antara pariwisata dengan budaya, pertanian, lalu antara Bali selatan dan utara. Ini yang perlu dijaga agar tidak ada gesekan,” katanya. (*)


Sumber: tribunnews

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image