Kabardewata.com

Sosial Budaya

Bijak Kelola Keuangan, OJK Regional Bali-Nusra Edukasi Karyawan dan Calon Pensiunan

Kategori Sosial Budaya, June 16, 2016, Dilihat sebanyak 193 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara menyelenggarakan Seminar Edukasi Keuangan bagi Karyawan dan Calon Pensiunan dengan tema “Bijak Kelola Keuangan – Pensiun Sejahtera” bertempat di Trans Resort Bali. Acara ini dihadiri oleh 300 karyawan dan calon pensiunan yang berasal dari bidang usaha sektor perdagangan dan jasa antara lain perhotelan, lembaga pemerintahan, BUMD, garmen, rumah sakit, pendidikan, dan outsourching.

Deputi Direktur Pengawasan Bank 1 OJK Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara – Armen, mengatakan bahwa “Pembangunan ekonomi daerah yang sedang berlangsung saat ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan, melainkan juga mempunyai tujuan untuk menciptakan manusia

Indonesia yang berwawasan luas didukung pengembangan kemampuan berpikir”. Acara ini adalah salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir tersebut dilakukan dengan mengembangkan kemampuan pengelolaan keuangan masyarakat dengan lebih baik. “Oleh karena itu, diperlukan program Literasi Keuangan yang diharapkan mampu menciptakan masyarakat Indonesia yang well literate mengenai pengelolaan keuangan. Terlebih lagi, saat ini cukup marak ditemui penawaran-penawaran investasi yang diragukan legalitasnya yang berpotensi menimbulkan kerugian bagi masyarakat luas” tambahnya di Kuta.

Berdasarkan Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (SNLKI), prioritas program kerja edukasi dan literasi keuangan yang dilakukan OJK pada tahun 2016 difokuskan kepada segmen karyawan dan pensiunan. Hasil Survey Nasional Literasi Keuangan Indonesia di Provinsi Bali adalah tingkat literasi masyarakat Bali sebesar 19,50% dengan tingkat inklusi sebesar 71,30%. Melalui pelaksanaan program Literasi Keuangan secara terarah dan terukur, diharapkan masyarakat bukan hanya menjadi well literate dalam masalah keuangan, melainkan juga menggunakan produk dan jasa keuangan untuk memenuhi kebutuhan keuangan masyarakat.

Materi yang disampaikan dalam Konsumen, fundamental financial planning, dan sosialisasi mengenai produk dan layanan lembaga jasa keuangan yang sesuai dengan segmen karyawan dan calon pensiunan. Narasumber yang hadir adalah perwakilan dari Kantor OJK Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara, BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Bali, Nusa Tenggara, dan Papua, Bank Mandiri Taspen Pos Bali, serta Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Denpasar. Sedangkan materi pengelolaan keuangan dibawakan oleh financial planner – Arif Rahman, M.M, CPMM (Direktur AKUBANK dan penulis buku “Investasi Cerdas”.

Dari keseluruhan materi yang disampaikan, Kantor OJK Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara berharap seluruh peserta yang hadir dapat memahami tugas, fungsi, dan peranan OJK, mampu mengelola keuangan dengan lebih baik, serta mengenal manfaat dan risiko dari ragam produk dan layanan lembaga jasa keuangan.

Dengan semakin beratnya tantangan ke depan ini, diperlukan adanya sinergi dari seluruh unsur pihak terkait. Oleh karena itu, OJK akan selalu siap dan mengajak seluruh stakeholders untuk bahu membahu saling bekerjasama dan berkoordinasi untuk melaksanakan program literasi acara ini adalah sosialisasi mengenai OJK serta Edukasi dan Perlindungan keuangan dan mewujudkan masyarakat Indonesia yang well literate.


Sumber: redaksi

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image