Kabardewata.com

Sosial Budaya

Bentuk Syukur Bali Safari & Marine Park Adakan Upacara Tumpek Kandang

Kategori Sosial Budaya, May 02, 2016, Dilihat sebanyak 121 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Bali Safari & Marine Park kembali mengadakan persembahyangan Tumpek Kandang sebagai bentuk syukur kepada Sang Pencipta. Bertempat di depan patung Ganesha, upacara ini dipimpin oleh pemangku dari desa adat sekitar. 
 
Sedangkan untuk pesertanya terdiri dari gabungan karyawan Bali Safari dari berbagai divisi dan juga aneka satwa. Beberapa satwa yang ikut serta diantaranya ialah gajah sumatera, sepasang burung macau, orangutan, binturong, dan ular.
 
Upacara ini banyak menyedot perhatian pengunjung yang sebagian besar merupakan wisatawan asing. Dalam kesempatan ini Bali Safari sekaligus berkesempatan memamerkan satu dari sekian banyak keindahan kebudayaan Hindu di Bali. 
 
Sebagai peraih penghargaan Tri Hita Karana selama lima tahun dengan prestasi yang terus menanjak, Parhyangan merupakan salah satu aspek yang dijunjung tinggi dalam kehidupan Safari.
 
Willliam Santoso selaku General Manager Bali Safari & Marine Park menambahkan “Dalam ajaran agama Hindu, keharmonisan hidup dengan semua makhluk dan alam semesta senantiasa diamanatkan. Manusia hendaknya selaras dan hidup hamonis dengan alam, termasuk tumbuh-tumbuhan dan satwa. 
 
Bali Safari sebagai badan konservasi dan edukasi mendukung penuh hal serupa. Melalui upacara ini kami menaikan puji dan sukur kepada Sang Pencipta untuk keselamatan dan kesejahteraan satwa kami.”
 
Upacara Tumpek Kandang ialah upacara dalam rangka memuja keagungan Ida Sang Hyang Widhi, Sang Hyang Siwa Pasupati yang disebut Rare Angon, penggembala makhluk dengan cara melakukan pemeliharaan sebaik-baiknya atas ciptaan-Nya yang berupa hewan ternak atau peliharaan. Kegiatan ini dilaksanakan setiap Sabtu Kliwon Wuku Uye menurut kalender Bali – Jawa atau jatuh setiap 6 bulan sekali.

Sumber: Redaksi

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image