Kabardewata.com

Sosial Budaya

Baru 37 % Naker di Denpasar Tercover BPJS Ketenagakerjaan

Kategori Sosial Budaya, May 25, 2016, Dilihat sebanyak 157 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bali Denpasar, Tonny Isprijanto kepada wartawan usai sosialisasi kesepakatan bersama antara BPJS Ketenagakerjaan dengan Pemerintah Kota Denpasar dalam Optimalisasi Kepesertaan Program BPJS Ketenagakerjaan, di Sewaka Dharma, Denpasar, Selasa (24/5/2016) mengakui, baru 87 ribu tenaga kerja formal atau 37% dan 1% merupakan tenaga kerja informal yang tergabung dalam kepesertaan. Sedangkan sisanya yaitu 62% tenaga kerja di Kota Denpasar baik untuk sektor formal maupun informal belum tercatat sebagai peserta.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan memperkirakan total angkatan kerja di Bali sebanyak 622 ribu orang, dan 205 ribu diantaranya tersebar di Kota Denpasar. Sedangkan untuk yang tercover sebagai peserta khusus di Kota Denpasar sampai pertengahan triwulan kedua tahun 2016, baru menyentuh angka 38%.

"Di Denpasar kita lihat potensinya ada 205 ribu naker formal dan informal. Yang tercover baru 38% untuk semuanya. Jadi sisanya sekitar 100 ribu lebih belum tercover di BPJS Ketenagakerjaan," katanya. 

Tidak hanya tenaga kerja swasta, Tonny Isprijanto mengaku permasalahan juga terjadi bagi tenaga honorer/kontrak yang mengabdi di Pemerintah Kota Denpasar. Diungkapkan, dari 48 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), baru 4 SKPD yang sudah mendaftarkan tenaga honorer/kontrak kedalam kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Ia memperkirakan untuk 1 SKPD mempekerjakan 25 sampai 50 tenaga honorer/kontrak, jadi yang belum terdaftar mencapai 2.000 orang lebih.

"Kalau di Kota Denpasar yang terdaftar baru sebagian, baru ada 4 SKPD yang mendaftar. Permasalahan lebih pada pendanaan, karena dinas tidak memiliki uang untuk memenuhi kewajibannya, sedangkan tenaga kerja juga tidak rela upahnya dipotong untuk menanggung sendiri iurannya di BPJS Ketenagakerjaan," ungkap


Sumber: redaksi

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image