Antisipasi Lebaran, Pelabuhan Benoa Siagakan Empat Kapal dan Posko Terpadu

Antisipasi Lebaran, Pelabuhan Benoa Siagakan Empat Kapal dan Posko Terpadu

Menyambut mudik Lebaran, Pelabuhan Benoa secara rutin mempersiapkan pelayanan untuk mengantisipasi lonjakan arus penumpang kapal domestik.

Selama tanggal 31 Mei 2018 sampai dengan 1 Juli 2018 telah dibentuk Posko Terpadu Angkutan Lebaran yang merupakan gabungan dari instansi yang ada di Pelabuhan Benoa yaitu KSOP Pelabuhan Benoa, Pelindo III, Polsek KP3. Kantor Kesehatan Pelabuhan, Pelni. Angkatan Darat dan Angkatan Laut.

General Manager Pelindo III Benoa, I Wayan Eka Saputra saat acara buka puasa bersama di Renon, Rabu (6/6) malam mengatakan, pihaknya siap mengantisipasi lonjakan arus penumpang yang umumnya terjadi saat saat mudik Lebaran. Untuk itu, pihak PT Pelni telah menyiapkan sejumlah kapal yaitu KM TilongkabiIa, KM Awu, KM Leuser dan KM Binaiya.

“PT Pelni bekerja sama dengan kami juga telah mensosialisasikan call center untuk kemudahan informasi pelayanan tiket,” katanya.

Eka Saputra menerangkan, selain mempersiapkan armada, Pelindo III juga sudah menyiapkan pos khusus untuk mudik Lebaran, ruang kesehatan, pengamanan ekstra dan fasilitas pendukung lainnya. Hal itu dilakukan untuk terus meningkatkan pelayanan terminal penumpang Pelabuhan Benoa, sehingga penumpang bisa mudik dengan aman, nyaman dan lancar.

“Dengan tersedianya sarana transportasi laut yang memadai, harapan kami mampu menggerakkan serta mendorong kegiatan ekonomi,” ucapnya.

Ia pun menjelaskan, terkait mudik Lebaran, Pelindo III dan KSOP Benoa telah melaksanakan rapat koordinasi bersama instansi-instansi terkait di Pelabuhan Benoa untuk mempersiapkan segala hal yang perlu dilakukan selama pelaksanaan mudik Lebaran 2018.

“Posko tersebut bertujuan agar memudahkan koordinasi antar instansi untuk rnemperlancar dan mengamankan arus penumpang selarna mudik lebaran,” paparnya.

Sebagal penyedia fasilitas terminal penumpang, Pelindo III sudah siap untuk memfasilitasi arus mudik Lebaran pada tahun ini. Penggunaan mesin X-ray baru untuk meningkatkan keamanan pun juga telah disediakan sebagai salah satu fasilitas terminal penumpang.

Dalam kesempatan terpisah Kapolsek Pelabuhan Benoa Ni Made Sukerti mengingatkan kepada penyedia jasa transportasi di Pelabuhan Benoa dalam acara Sosialisasi Peningkatan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), bahwa ancaman terorisme semakin meningkat, mengingat telah terjadi pemboman 3 (tiga) gereja dan kantor kepolisian di Surabaya. Untuk itu diperlukan dukungan dan koordinasi semua pihak untuk menciptakan keamanan di lingkungan Pelabuhan Benoa.

Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait