Kabardewata.com

Berita Utama

Sektor Ekonomi Kreatif Mendorong Daya Saing di Sektor Jasa

Kategori Berita Utama, April 11, 2014, Dilihat sebanyak 137 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Studi bersama yang dilakukan WTO, OECD dan UNCTAD mengenai rantai nilai global menyebutkan bahwa sektor jasa yang efisien merupakan faktor yang penting untuk meningkatkan ekspor suatu negara dan bersaing dalam rantai nilai global. Konten sektor jasa dalam total ekspor Indonesia juga masih rendah yaitu hanya 21% dari total ekspor. Sedangkan konten sektor jasa di negara-negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Perancis Jerman dan Italia mencapai lebih dari 50% total ekspornya. Ekspor RRT pun memiliki konten sektor jasa cukup tinggi yaitu mencapai 30% dari total ekspornya.
 
Dalam konteks berlakunya MEA, peningkatan daya saing sektor jasa Indonesia menjadi semakin penting bukan hanya untuk dapat meningkatkan ekspor dari sektor jasa sendiri namun juga ekspor barang Indonesia. “Selain infrastruktur yang lebih baik, ekonomi kreatif juga dapat mendorong daya saing sektor jasa dan daya saing ekspor Indonesia. Perkembangan subsektor-subsektor ekonomi kreatif seperti desain, serta riset dan pengembangan mendorong ekspor Indonesia menjadi lebih kompetitif dalam rantai nilai global termasuk dalam meraup manfaat dari integrasi perekonomian ASEAN melalui MEA.
 
Berdasarkan angka statistik, pada 2013 lalu kontribusi ekonomi kreatif terhadap perekonomian sebesar Rp 641,8 triliun atau mencapai 7% PDB nasional. Ekonomi Kreatif juga mencatat surplus perdagangan selama periode 2010 hingga 2013 dengan nilai surplus sebesar Rp 118 T. Kontribusi devisa dari sektor ekonomi kreatif mencapai 11, 89 Milyar USD , sehingga secara total sektor pariwisata dan ekonomi kreatif menyumbang devisa sebesar 21,95 Milyar USD atau berkontribusi sebesar 11,04% pada total devisa Indonesia. 
 
Melihat semua itu, penggabungan urusan pariwisata dan urusan ekonomi kreatif ke dalam satu Kementerian/Lembaga : Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dinilai sangat tepat dalam rangka meningkatkan daya tanggap Pemerintah dalam kebijakan pro job, pro poor, pro growth, pro environment.
 

Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image