Kabardewata.com

Berita Utama

Resepsionis Dituntut Tangani Keluhan Secara Profesional

Kategori Berita Utama, October 04, 2016, Dilihat sebanyak 573 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Sebagai upaya meningkatkan pelayanan hotel, pegawai yang bertugas di kantor depan atau front office dituntut untuk memiliki kualitas. Petugas kantor depan seperti penerima tamu (receptionist) harus memiliki kemampuan berkomunikasi, mampu mengatasi komplin dan menguasai tugas-tugasnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Badung, Cok Raka Darmawan saat lomba petugas kantor depan akomodasi perhotelan atau "Bali Receptionist of the year 2016"di Denpasar sabtu malam  mengatakan bahwa kompetisi tersebut merupakan wujud dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) khususnya di bidang kantor depan.

Menurutnya semua hotel tentu memiliki SDM yang bertugas di kantor depan. "Petugas kantor depan ini yang pertama kali menerima dan menyapa tamu. Tentunya dalam penerimaan ini orang-orang di kantor depan tersebut ada kriteria yang harus dimiliki, agar pegawai-pegawai yang ada di depan itu betul-betul memiliki kualitas yang baik guna meningkatkan kualitas pelayanan di hotel," terangnya.

Cok Darmawan menyatakan, untuk mengetahui sejauh mana kemampuan dan kualitas para petugas kantor depan ini tentunya dapat dilakukan melalui beberapa tahap penilaian yaitu mulai dari cara menyapa tamu sampai menangani komplin. Hal tersebut kata dia harus bisa diatasi oleh petugas kantor depan.

"Adanya lomba-lomba seperti ini kita harapkan semua hotel mempersiapkan tenaga kerja frontliner-nya yang betul-betul memiliki kualitas yang baik. Dengan begitu kita memiliki standar untuk Bali semua petugas kantor depan akomodasi yang ada di Bali akan terpacu, termotivasi untuk memiliki standar bagaimana seorang petugas kantor depan yang baik," urai Cok Darmawan.

Lebih lanjut dikatakannya dalam hal meningkatkan kualitas pekerja kantor depan akomodasi perhotelan, pemerintah juga berperan untuk mengimbau asosiasi maupun dunia usaha agar mengikuti sertifikasi kompetensi. "Ini (sertifikasi kompetensi-red) penting karena memberikan penilaian kepada yang bersangkutan telah qualified, telah ahli dibidangnya," cetusnya.

Dengan adanya regulasi yang mengatur sertifikasi tersebut, pemerintah disebutkan Cok Darmawan memiliki kewajiban dan tanggungjawab meminta kepada semua dunia usaha dibidang industri pariwisata untuk mengimbau tenaga kerjanya melakukan sertifikasi kompetensi. "Tugas pemerintah mulai dari membina hingga mengawasi agar semua tenaga kerja pariwisata ini memiliki sertifikasi kompetensi," lanjutnya.

Pemerintah Kabupaten Badung kata dia tidak hanya mengimbau juga setiap tahun memberikan bantuan pendanaan kepada pekerja pariwisata. Hingga sekarang ini sekitar 5 ribuan tenaga kerja pariwisata di Badung telah mendapat sertifikasi dari dana APBD. "Tahun 2016 ini di Badung kuotanya 800 orang pekerja akomodasi dibantu sertifikasi kompetensi karena tenaga kerjanya paling banyak," sebutnya.

Sementara itu Ketua Hotel Front Liners Association (HFLA) Bali, Wayan Sugita mengungkapkan lomba petugas kantor depan tersebut bertujuan untuk mengembangkan kemampuan tenaga kerja hotel. Kompetisi tersebut rutin setiap tahun dilakukan yang diikuti oleh peserta dari seluruh Bali. "Selain itu juga untuk membuka kemampuan receptionist yang ada di setiap daerah di Bali misalnya dari Ubud, Kuta dan kawasan lainnya," katanya.

Peserta dijelaskan Sugita diberikan tes tulis guna mengetahui sejauh mana kemampuan Bahasa Inggris-nya. Peserta juga diberikan tes tulis terkait produk/berkaitan dengan pekerjaannya di kantor depan serta presentasi tentang informasi publik seperti fasilitas, budaya Bali, obyek wisata dan cara menangani tamu yang komplin.

"Dari masing-masing menunjukkan kemampuan berkomunikasi dengan tamu juga sikap saat menerima tamu. Karena posisi ini sangat penting setiap keluhan maupun pertanyaan diajukan ke kantor depan. Melalui kompetisi ini kami juga mendapatkan receptionist yang terbaik," tutupnya.


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image