Kabardewata.com

Berita Utama

Produksi Tuna di Bali Capai 25 ribu ton Dalam 5 tahun Terakhir

Kategori Berita Utama, May 20, 2016, Dilihat sebanyak 232 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali, I Made Gunadja mengatakan di Kuta baru-baru inirata-rata pertahun produksi tuna di Bali mencapai 25 ribu ton dalam 5 tahun terakhir. Dari angka itu, jumlah tuna yang di eksport 40% diantaranya dieksport atau mencapai 18 ribu ton/pertahun.  Dikatakan besarnya angka eksport itu dikarenakan Bali dekat dengan Fishing Ground, dan jarak Pelabuhan Benoa yang tidak jauh dengan Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

"Kalau tangkapan ikan kita rata-rata 160 ribu ton pertahun, dan untuk tuna 25 ribu ton, 40%nya di eksport atau sekitar 18 ribuan. Kita cukup diuntungkan dengan kondisi yang ada, karena dapat mengatrol dan menjaga nilai eksport tuna kita," ungkapnya. 

Ditanya dampak larangan transhipment, I Made Gunadja mengakui kebijakan itu memberikan dampak terhadap penurunan hasil tangkapan ikan tuna, akibat terbatasnya armada yang beroperasi. Namun kebijakan yang semangatnya untuk menjaga dan pemulihan sumberdaya, kedepannya diharapkan dapat terjadi peningkatan untuk hasil tangkapan ikan tuna di Bali.

"Kebijakan itu cukup berimbas. Tapi kalau semangatnya untuk pemulihan sumberdaya, kedepannya kita tentu harapkan berdampak pada peningkatan hasil tangkapan tuna kita di Bali," tambah Gunadja


Sumber: redaksi

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image