Priceprice.com: Pria Lebih Fasih Belanja Online

Priceprice.com: Pria Lebih Fasih Belanja Online

Jakarta, 13 Februari 2018. Tren belanja online saat ini semakin meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini sedikit banyak dipengaruhi oleh perkembangan perusahaan e-commerce yang marak muncul untuk memenuhi kebutuhan berbelanja secara lebih praktis. Pertumbuhan tersebut mau tidak mau dibarengi pula dengan peningkatan pengguna aktif internet yang sudah mencapai 132 juta di Indonesia. Fenomena ini menunjukkan bahwa masyarakat kini lebih memilih opsi jual beli online yang tidak memerlukan tatap muka dan datang langsung ke toko konvensional.

Namun ternyata kebiasaan belanja online menjadi semakin kompleks pada perkembangannya. Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan ‘survei’ barang online menjadi tidak secepat yang diperkirakan, karena pengguna internet harus membuka beragam situs e-commerce untuk membandingkan harga. Website perbandingan harga akhirnya menjadi solusi yang dapat memangkas waktu dan efisien selama proses belanja online.

Priceprice.com merupakan salah satu situs perbandingan harga yang paling banyak dikunjungi oleh pengguna internet di Indonesia. Saat ini telah ada sekitar 7 juta page view dan 4,6 juta unique user yang mengunjungi website ini tiap bulannya (per Juli 2017). Terdapat hal yang cukup menarik dari riset internal yang sempat dilakukan oleh priceprice.com beberapa waktu lalu. Ternyata 68 persen pengguna layanan ini didominasi oleh pria dan rentang usia penggunanya yaitu dari 18-35 tahun. Kondisi ini memberikan gambaran bahwa pria lebih ‘fasih’ dalam proses jual-beli online dibandingkan wanita.

“Aku suka gadget yang terbaru dan kalau harus dateng ke macam-macam toko kan ribet. Nah, pas nemu situs kaya priceprice.com to be honest terbantu banget. Aku bisa lihat-lihat review, spesifikasi produk, dan langsung bandingin harga di satu situs aja,” ucap Narendra Priyottama, Marcomm Manager salah satu brand F&B di Jakarta. Lain halnya dengan Ariyani Sukma, salah satu fashion blogger Jakarta. Ketika berbelanja online dia lebih ‘melihat’ warna, motif maupun ragam produknya. “Aku suka bandingin baju atau kosmetik di internet. Yang penting pas dulu modelnya, baru ngeliat harganya. Tapi lebih sreg kalau bisa nyobain langsung sih. Hehe”

Selain jenis produk yang diincar oleh pria dan wanita secara umum berbeda, buying intention pada pria juga lebih tinggi dibandingkan wanita. Pria cenderung lebih merasa aman dengan barang yang ia beli secara online, sehingga keputusan untuk akhirnya membeli barang secara online lebih tinggi. Sedangkan wanita cenderung lebih merasa ragu dengan barang online sebelum mereka dapat mencoba atau melihatnya secara langsung.

Tren yang dibawa oleh situs perbandingan harga secara tidak langsung juga memengaruhi kompetisi harga dari tiap pelaku e-commerce. Karena melalui situs seperti ini, mau tidak mau pengguna internet menjadi lebih jeli untuk menentukan keputusan membeli suatu produk. Sehingga harga terbaik akhirnya yang menjadi penentu dibelinya sebuah produk secara online.

TENTANG PRICEPRICE.COM

Priceprice.com merupakan anak perusahaan dari situs perbandingan harga nomor satu di Jepang, kakaku.com. Platform ini sudah ada di Indonesia sejak Februari 2013 dan baru resmi diluncurkan pada awal 2018, setelah sebelumnya melakukan tes pasar. Saat ini dengan rata-rata 4,6 juta unique user (UU) dan  juta page view per bulannya, priceprice.com menempati peringkat pertama dibandingkan website serupa lainnya. Kategori produk yang paling banyak dilihat adalah telepon genggam (1.480.000 UU), disusul dengan mobil (870 ribu UU) dan kategori lainnya. Sekarang ini juga telah ada lebih dari 20 ribu ragam produk dan 1.500 toko online yang tergabung pada priceprice.com. Untuk melengkapi kebutuhan pencarian harga barang, situs ini juga menyediakan fitur Vines (artikel berita produk terbaru), forum diskusi, review produk dan kupon potongan harga untuk berbelanja online.

Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait