Kabardewata.com

Berita Utama

Pergerakan Harga dan Jasa di Kota Denpasar Cukup Stabil

Kategori Berita Utama, March 19, 2014, Dilihat sebanyak 171 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Denpasar,Bali .  Hasil Pemantauan Harga di 2 pasar tradisional dan 2 pasar modern yang berlokasi di Kota  Denpasar sampai dengan Minggu ke II Maret 2014 menunjukkan bahwa pergerakan harga barang   dan   jasa   secara   umum   cukup   stabil  dibandingkan   dengan   periode   sebelumnya.Hasil pemantauan pada kelompok volatile foods menunjukkan terjadi penurunan harga padakelompok   daging  (sapi  dan  ayam)  serta telur.   Sementara   itu,   kelompok   buah-buahan   dan bumbu-bumbuan (terutama cabai rawit dan cabe merah)  masih mencatat kenaikan harga, diperkirakan terkait dengan aktivitas menjelang Hari Raya Nyepi.

Menurut Deputi Kepala Perwakilan  kantor perwakilan Bank   Indonesia   Wilayah   III   (Bali  Nusra)  Ananda Pulungan,  pergerakan harga kelompok core inflationrelatif stabil khususnya harga sewa rumah dan harga   emas yang  tidak  mengalami  pergerakan   signifikan.  Untuk harga   sewa   rumah   pada umumnya telah dilakukan penyesuaian harga pada bulan Januari dan Februari. Sementara itu dari kelompok administered price  mengalami sedikit peningkatan yang bersumber pada harga angkutan udara. Hal ini terkait dengan implementasi Peraturan Menteri Perhubungan Nomor   2   Tahun   2014   (tentang   Besaran   Biaya  Tambahan   Tarif   Penumpang   Kelas   Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri) per 1 Maret 2014 .

Meskipu terjadi peningkatan aktivitas konsumsi terkait perayaan Hari Raya Nyepi, lancarnya pasokan seiring cuaca yang membaik dan dimulainya musim panen raya beras (pada akhir Maret s/d Mei 2014) diperkirakan dapat menahan laju  kenaikan inflasi pada. Maret 2014. Keyakinan ini juga didukung oleh terjaganya ekspektasi inflasi masyarakat Bali (baik dari sisi pedagang maupun dari sisi konsumen). Hasil Survei Konsumen (SK) dan Survei Pedagang   Eceran   (SPE)   yang   dilakukan   oleh  KPW  Bank   Indonesia   Wilayah   III   (Bali  Nusra) menunjukkan tidak adanya kenaikan indeks perkiraan harga 3 bulan dan 6 bulan yang akan datang


Sumber: redaksi

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image