Kabardewata.com

Berita Utama

Pemprop Bali Berupaya Simantri Menunjukkan Hasil Signifikan

Kategori Berita Utama, May 20, 2014, Dilihat sebanyak 209 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Pemerintah Provinsi Bali berupaya mendorong kemajuan usaha gabungan kelompok tani (Gapoktan) dalam programsistem pertanian terintegrasi atau Simantri karena sejak diluncurkanpada 2009 menunjukkan hasil yang signifikan.

 

"Beberapa unit Simantri mengalami kemajuan terutama dalam paket pupukorganik, biourine dan biogas," kata Kepala Bidang Sumber Daya Pertanian Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Provinsi Bali, Putu Oka Darmawan di Desa Musi Gerokgak,  Buleleng, baru-baru ini.

 

Menurut dia, sejak diluncurkan tahun 2009, beberapa unit Simantri telahberhasil mengembangkan produksi pengolahan pertanian terintegrasisehingga menambah penghasilan bagi para petani anggotanya.

 

Melalui program itu, para petani mengolah limbah ternak berupa kotoranmenjadi pupuk organik dan biogas yang bermanfaat bagi kebutuhan rumahtangga serta biourine yang diolah untuk dimanfaatkan menjadi pestisida.

 

Selain dimanfaatkan sendiri untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga,kelebihan produksi itu juga dijual ke sejumlah pihak terutama kalangan perhotelan.

 

Pemprov Bali bahkan telah memfasilitasi pemasaran pupuk organik olahanpetani unit Simantri ke sejumlah hotel berbintang di kawasan "BaliTourism Development Corporation" (BTDC) Nusa Dua, Kabupaten Badung.

 

Pemprov Bali, lanjut dia, bahkan telah meningkatkan anggaran subsidipupuk organik Simantri dari Rp4 miliar pada 2013 menjadi Rp10 miliartahun 2014.Hal itu guna meningkatkan usaha petani dengan anggaran satu Simantri mencapai Rp200 juta, dengan target pendirian 1.000 unit Simantri hinggatahun 2018.

 

Sedangkan hingga 2013, tercatat telah terbentuk 419 unit simantri dan 89lainnya sedang dalam proses pembentukan untuk tahun ini.

 

Sementara itu Ketua Simantri 001 dari Gapoktan Bina Karya Bakti Ketut Sumadi menyatakan bahwa meski pihaknya telah berhasil dalam mengolah sistem pertanian terintegrasi termasukketersedian pasar, namun ia mengharapkan pemerintah untuk menjaminkeberlangsungan pemasaran produk pertaniannya.

 

"Saat ini produk kami semakin diminati dengan respon pasar yang positif.Tetapi kami ingin adanya keberlangsungan pasar untuk masa mendatang,"katanya.


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image