Kabardewata.com

Pariwisata

Wisatawan India PasarĀ  Potensial Bali

Kategori Pariwisata, March 06, 2018, Dilihat sebanyak 1167 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Wisatawan India merupakan pasar potensial bagi Bali dan diharapkan pada 2018 ini jumlah kunjungan bisa meningkat mencapai 400 ribu orang yang selanjutnya bisa meningkat lagi mencapai 600 ribu tahun medatang dan terus meningkat tahun-tahun selanjutnya. 

 

Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Badung IGN Rai Suryawijaya di sela-sela Education Destination Workshop  Internasional (Edwin) in Assosiation with Tria Uma yaitu bertemunya agen India secara bussiness to bussiness dengan pelaku pariwisata di Bali,  Selasa (6/3) kemarin mengatakan, jumlah kunjungan wisatawan India ke Bali pada 2017 sekitar 250 ribu orang dan merupakan pasar yang prospektif karenanya berbagai promosi akan dilakukan agar makin banyak jumlah warga India yang datang ke Pulau Dewata. 

 

"Harapan kami pasar India bisa menjadi nomor tiga tahun ini karena selama ini destinasi masih didominasi Tiongkok,  Australia maupun Eropa, " ujarnya. 

 

India sangat potensial karena dari 1,3 miliar jumlah penduduknya,10-15 persen merupakan orang kaya yang memiliki potensi untuk datang ke Bali. 

 

Untuk itu BPPD Badung, kata dia,  mendorong optimalisasi promosi melalui forum bisnis antarpelaku pariwisata atau table top untuk menggaet wisatawan dari India. Pihaknya pun mendukung kegiatan Edwin yang digelar agen perjalanan wisata Tria Uma dalam mempertemukan langsung pelaku bisnis wisata India (buyer) dengan pelaku pariwisata Bali sebagai penjual atau seller yaitu dari kalangan perhotelan, restorant, maskapai penerbangan, agen perjalanan wisata dan akomodasi pariwisata lainnya yang menyasar wisatawan India.

 

"Kurang lebih 200 agen India hadir dalam acara table top ini dengan harapan mereka bisa menyaksikan langsung dan membagi pengalaman serta bisa mengedukasi,  memberikan informasi yang lengkap untuk meyakinkan calon wisatawan India tentang Bali," paparnya.

 

Ketua PHRI Badung ini mengakui sebagian besar wisatawan India selama ini banyak berlibur ke Thailand karena didukung banyaknya penerbangan langsung. Untuk itu BPPD Badung juga mendorong maskapai penerbangan nasional memaksimalkan penerbangan langsung dari Bali menuju sejumlah kota di India dan sebaliknya.

 

Sementara itu Konsul Jenderal India Sunil Babu mengatakan, Bali merupakan salah satu tujuan wisata favorit karena memiliki budaya yang unik serta pemandangan alam indah yang menjadi daya tarik bagi wisatawan India.  

 

Ditambah lagi setelah pemerintah Indonesia memberikan fasilitas bebas visa. Untuk itu ia berharap adanya optimalisasi penerbangan langsung Bali-India karena makin banyak penerbangan langsung, akan membuka lebih banyak turis India ke Bali. 


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image