Kabardewata.com

Pariwisata

Wisata Subak di Bali

Kategori Pariwisata, October 22, 2014, Dilihat sebanyak 142 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Istilah subak hanya dikenal di Bali, yang khusus mengatur sistem pengairan ataupun irigasi sawah yang digunakan oleh para petani Bali dalam bercocok tanam padi. Istilah ini sudah mulai dikenal dikalangan turis lokal maupun mancanegara, walaupun dalam kunjungannya ke objek wisata, kebanyakan dari mereka hanya mengagumi pemandangan alam dengan hamparan persawahan yang berundak (rice terrace) melihat petani saat panen, jarang mengetahui secara detail, bagaimana proses pembibitan, proses pembajakan, saat mulai bercocok tanam, sistem pengairannya, prosesi upacara keagamaan di Pura Ulun Carik / Bedugul, sampai akhirnya mereka panen.

Jadi hal lainnya yang menarik saat melihat panorama yang indah persawahan, juga wisata subak yang memiliki nilai budaya yang luhur. Karena hal yang menarik saat melihat hamparan persawahan, bukan sekedar pemandangan sawah berundak yang indah dan menarik, tetapi bagaimana masyakarat Bali dalam menjalani hidup bertani, ini akan menjadi pengalaman yang menarik mengenai nilai historis yang ada dibalik panorama yang indah. Subak adalah sebuah organisasi tradisonal masyarakat Bali yang merupakan warisan budaya leluhur yang perlu dilestarikan, dengan perkembangan tekhnologi yang semakin canggih, agar subak ini tidak kehilangan roh dan identitasnya.

Untuk wisatawan yang liburan di Bali, anda dapat menemukan wisata subak ini di Desa Soka, kecamatan Selemadeg, Tabanan. Kemudian di desa Jatiluwih kecamatan Penebel, Tabanan. Kabupaten Tabanan memiliki jumlah subak paling banyak dibandingkan dengan kabupaten lainnya, memiliki lahan sawah yang paling luas di Bali, sehingga dijuluki Lumbung Beras pulau Bali, sehingga di Tabanan didirikan museum Subak berlokasi di desa Sanggulan, Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan, sekitar 20 Km dari arah barat kota Denpasar.


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image