Taman Ujung Karangasem

Taman Ujung Karangasem

Objek wisata Bali memang seakan tak ada habisnya. Dari Wisata pantai yang menakjubkan, Laut, Pura, Pegunungan, Danau, Air Terjun, Hingga Taman yang ditata dengan indah, semua ada di Bali. Taman Ujung merupakan salah satu Taman yang indah dari sekian banyak obyek wisata di Bali. Taman Ujung atau disebut juga dengan Taman Soekasada berlokasi di Desa Tumbu, Kecamatan Karangasem, berjarak kira-kira 85 Km dari Denpasar atau 5 Km selatan Amlapura.

Taman Ujung dibangun oleh Raja Karangasem pada tahun tahun 1919 dan diresmikan tiga tahun kemudian atau tepatnya tahun 1921 yang dimaksudkan untuk tempat peristirahatan raja dan keluarganya disamping juga untuk menjamu tamu kehormatan yang datang ke Karangasem seperti tamu negara, para raja sahabat. selain dijadikan sebagai lokasi wisata dan memiliki nilai sejarah yang tinggi serta memiliki peran yang sangat sentral dalam konteks kenegaraan. Di sini kita dapat melihat lautan biru Bali timur serta panorama Gunung Agung, dan sekitarnya yang dipenuhi persawahan dan perbukitan yang luas yang subur.

Terdapat sebuah jembatan beton panjang yang menghubungkan area parkir dan area istana. Pada ujung jembatan terdapat taman yang sangat luas. Dan disisi utaranya terdapat sebuah bangunan persegi kecil putih terletak di tengah kolam utama yang dihubungkan dengan dua jembatan di sisi kiri dan kanan. Di sebelah kolam terdapat berbagai hiasan seperti taman kecil, pot bunga, dan patung-patung. Bentuk bangunan di Taman Ujung dibangun dengan desain khas dan megah yang merupakan perpaduan arsitektur Bali asli dengan Eropa. Bangunan ini sebelumnya berfungsi sebagai kamar tidur raja, ruang pertemuan, ruang keluarga, dan lainnya. Di sini anda dapat melihat foto-foto lama Taman Ujung dan juga beberapa foto keluarga kerajaan.

Apabila pengunjung sudah berada di puncak bukit tersebut maka akan bisa menyaksikan pemandangan alam khas Bali yang indah dan mempesona yang sulit didapatkan pada tempat wisata lainnya di Bali.

Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait