Kabardewata.com

Pariwisata

Selasa Pariwisata Bersama Marie Elka Pangestu: Kemparekraf Targetkan Pengeluaran Wisman 1.130 Dolar AS

Kategori Pariwisata, March 07, 2014, Dilihat sebanyak 120 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemparekraf) menargetkan pengeluaran wisatawan mancanegara pada 2012 rata-rata 1.130 dolar AS per orang setiap kunjungan.

“Target tersebut meningkat dari rata-rata pengeluaran turis yang datang ke Tanah Air pada 2011 sebesar 1.118 dolar AS per orang,” kata Menparekraf Mari Elka Pangestu di sela-sela diskusi pariwisata di Bali Tourism Board (BTB) di Denpasar, Kamis.

Sebelumnya pengeluaran atau “spending money” para pelancong cukup tinggi, yakni sekitar 1.200 dolar AS per orang setiap kunjungan.

Namun menjadi berkurang seiring dengan menurunnya jumlah wisatawan asal Eropa dan Amerika Serikat yang tergeser oleh pelancong dari Asia.

Begitu juga dengan lama tinggal dari para wisatawan mancanegara yang tadinya maksimal enam hari menjadi berkurang sekitar tiga hari.

“Dengan demikian, strategi yang diterapkan untuk saat ini bagi para wisatawan asal Asia adalah menawarkan paket khusus sehingga bisa datang kembali dalam setahun mencapai dua atau tiga kali,” ujarnya.

Mari menambahkan bahwa saat ini pihaknya tidak lagi menerapkan strategi “mass tourism”, namun lebih mengutamakan segmen pasar tertentu khususnya kalangan atas.

Hal itu dapat dilihat makin banyaknya berdirinya resor berkelas yang dibangun di seluruh wilayah Indonesia, tentunya di wilayah Pulau Dewata.

“Selain itu, kami juga menyasar atau menjaring para pelancong asing yang tidak akan merusak lingkungan di Tanah Air,” ucapnya.


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image