Kabardewata.com

Pariwisata

Sektor Pariwisata Memasuki Pertumbuhan Tinggi

Kategori Pariwisata, September 08, 2014, Dilihat sebanyak 69 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Sektor pariwisata siap memasuki pertumbuhan tinggi.  Bila dalam lima tahun terakhir rata-rata mencapai 8% per tahun, lima tahun ke depan akan meningkat hingga 12%-14% per tahun.

Kemparekraf merilis data, pengembangan pariwisata dalam lima tahun ke depan, sebagaimana program Presiden terpilih Jokowi-JK 2015-2019 yang mentargetkan kunjungan wisman sebesar 20 juta,  merupakan tantangan dalam menjadikan sektor pariwisata sebagai tumpuan perekonomian nasional. Dengan  20 juta kunjungan wisman, devisa yang akan kita peroleh sebesar US$ 24 miliar atau setara Rp 240 triliun. Ini akan menempatkan sektor pariwisata sebagai tumpuan perekonomian nasional.

 Untuk mewujudkan target tersebut dibutuhkan kerja keras dengan koordinasi lintas sektor  yang tinggi, mengingat pariwisata sangat membutuhkan dukungan sarana infrastruktur, aksesibilitas, dan konektivitas terutama penerbangan dari negara sumber wisatawan ke destinasi pariwisata di Indonesia yang tersebar  dari Wilayah Barat hingga Wilayah Timur Indonesia.  

Konektivitas terkait dengan tersedianya seat pesawat memegang peran penting untuk menarik kunjungan wisman lebih besar, pasar utama dari Cina, Australia, Timur Tengah, maupun Eropa dapat ditingkatkan

Selain itu kunjungan wisman melalui laut dengan kapal pesiar (cruise ship)  dan yacht  mempunyai potensi besar untuk dikembangkan dan ditingkatkan, hal ini sejalan pula dengan program Presiden Terpilih Jokowi-JK yang akan mengembangkan toll laut yang membutuhkan sarana infrastruktur pendukung seperti pelabuhan akan ditingkatkan. 

Pengembangan pariwisata, akan mempunyai dampak ikutan yang besar bagi sektor ekonomi kreatif seperti cinderamata dan kuliner yang secara langsung mengangkat perekonomian rakyat. Selain itu hal yang sangat penting, pariwisata menjadi tools  dalam menjaga kelestarian alam karena prinsip pariwisata adalahgreen tourism dan sustainable tourism atau pariwisata berkelanjutan. 


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image